Benarkah Masker Kain Menjadi Solusi Kesehatan Bagi Kita?

Akhir-akhir ini diseluruh wilayah di Indonesia dilanda oleh anomali cuaca, yang dapat memicu berbagai penyakit yang dapat menurunkan daya tahan tubuh, seperti flu, batuk dan pilek. Walaupun tidak sampai menimbulkan penyakit yang dapat mengancam keselamatan jiwa, tetapi hal tersebut tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, pemakaian masker merupakan salah satu upaya yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular. Pemakaian masker di masyarakat kini terlihat sudah meningkat, meskipun masih ada beberapa masyarakat yang enggan menggunakannya dengan berbagai alasan.

Kenapa Orang Memakai Masker?

Benarkah Masker Kain Menjadi Solusi Kesehatan

Diantara mereka masih beranggapan jika yang menggunakan masker adalah orang yang sakit atau pembawa penyakit menular seperti influena, TBC dan sebagainya. Padahal pemakaian masker mempunyai tujuan yang sangat baik untuk mencegah penularan penyakit pada orang lain melalui udara.

Namun saat ini beredar berbagai jenis masker, dan saat ini lebih banyak orang yang menggunakan masker kain dari pada masker kesehatan atau biasa kita kenal dengan masker bedah. Masker kain memiliki aneka ragam warna dan motif, inilah yang menjadi daya tarik masyarakat saat ini.

Apa Fungsi Dari Masker

Benarkah Masker Kain Menjadi Solusi Kesehatan

Namun, benarkah masker kain dapat melindungi dari polutan?, dilansir dari beberapa artikel kesehatan ternyata penggunaan masker kain kurang efektif untuk kesehatan, karena bahan yang digunakan tidak dapat menyaring virus yang dibawa oleh udara. Selain melindungi dari kuman, masker juga dapat mengurangi dampak awal dari masuknya polusi udara ke tubuh.

Bagi pengendara motor dan pejalan kaki, masker dapat menyaring udara. Begitupula bagi orang-orang yang bekerja dengan risiko kontaminasi bahan kimia, seperti tukang cat. Virus yang dibawa oleh udara berukuran mikro artinya sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Untuk itu diperlukan masker yang memiliki tourmaline yang terbuat dari partikel nano yang begitu halus, bekerja pada titik akupuntur daerah wajah. Dengan gelombang bio-ion, gaya aktivasi dan metabolisme, yang dapat menembus lapisan kulit sedalam 9 mm.

Ciri Masker Yang Baik Digunakan

Benarkah Masker Kain Menjadi Solusi Kesehatan

Masker yang baik digunakan adalah masker sekali pakai, karena pada saat menyaring udara yang masuk, tentu banyak kotoran atau residu yang tersaring di masker. Residu inilah yang berbahaya bagi kesehatan. Partikel halus yang menempel di kain, jika tidak dicuci akan terhirup dalam saluran pernafasan. Namun penggunaan tersebut tidak direomendasikan oleh kesehatan, hal ini menyangkut seberapa higienis yang digunakan.

Dari sinilah dapat diketahui masker yang baik bagi kesehatan dengan yang kurang baik. Masyarakat dapat memilih menggunakan masker dokter dengan daya filter yang baik, namun hanya dapat digunakan sekali pakai, atau menggunakan gmasker kain dengan beragam jenis kain, tetapi memiliki daya filter yang rendah meskipun dapat digunakan berulang kali, dengan mencucinya setiap hari.

Meskipun begitu ada juga masker dokter yang tidak ada lapisan penyaringnya, dan ini lebih berbahaya, karena virus akan sangat mudah masuk melalui saluran pernafasan. Masker tersebut sering digunakan oleh masyarakat, karena selain memiliki warna yang beragam, juga memiliki harga yang jauh lebih murah.

Tempat Terbaik Membeli Masker

Benarkah Masker Kain Menjadi Solusi Kesehatan

Masker tersebut banyak ditemukan ditoko-toko asesoris. Padahal jika ingin membeli masker lebih baik jika membelinya di apotek. Jadi penting sekali untuk memilih jenis bahan yang digunakan untuk masker. Selain itu cara penggunaan masker pun perlu diperhatikan, dan cara-cara menggunakan masker yang baik dan benar dapat kita baca melalui artikel kesehatan yang tentunya memiliki sumber yang jelas yang dimuat dalam media sosial.

Pengunjung juga mencari:

  • Masker kain

Leave a Comment