Beragam Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Dan Sayur, Bunda Wajib Tau!

Cara mengatasi anak susah makan – Galau rasanya ketika sang anak tiba-tiba enggan untuk makan. Bahkan seringkali susah – susah gampang membujuk sang anak untuk dapat makan dengan lahap. Bukan hanya itu, seorang Bunda pasti akan terus kepikiran jika sang anak tidak mau makan pada hari itu.

Jika sudah seperti itu maka akan timbul banyak pertanyaan – pertanyaan dalam dirinya, misalkan seperti bagaimana jika ia tidak tumbuh sehat? bagaimana dengan nutrisinya? bagaimana jika anak jadi kelaparan dan kekhawatiran lainnya yang membuat Bunda makin sakit kepala memikirkannya.

Tentu hal ini harus segera diatasi, oleh karena itu mengatasi anak susah makan harus dengan cara yang benar. Dengan cara dan trik ini Bunda tidak perlu sakit kepala lagi memikirkannya. Seperti dilansir oleh parentingclub.co.id ada beberapa cara untuk mengatasi anak susah makan. Langsung saja kita simak ulasannya :

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

  1. Tidak memaksa anak untuk memakan nasi jika memang tidak suka. Bunda bisa mengganti karbohidrat yang ada di dalam nasi dengan kentang, gandum, mie atau pun roti.
  2. Bunda bisa sediakan alat makan khusus untuk anak. Misal anak suka dengan karakter doraemon, belilah tempat makan dengan karakter tersebut dan biarkan anak bunda makan dengan sendiri. Walaupun begitu dampingi anak supaya makanan tepat masuk ke dalam mulutnya.
  3. Makanan yang tersaji bisa bunda sajikan dengan porsi yang kecil dengan begini anak bisa mencoba dulu makanan tersebut. Jika ia tidak suka bisa bunda ganti dengan makanan lain dengan porsi yang kecil juga. Sekaligus mengenalkan anak dengan berbagai macam pilihan.
  4. Dengan cara variasi menu yang tersaji bisa menjadi pilihan bunda untuk cara mengatasi anak susah makan. Sajikan berbagai macam olahan menu nasi yang anak tidak sukai dengan begini anak akan makin lahap karena tidak bosen dengan varian makanan yang itu – itu saja.
  5. Cara terakhir yang bisa bunda lakukan adalah dengan pola makan teratur pada anak. Ajarkan anak untuk makan tepat waktu. Tetapi berikan beberapa menu makanan supaya anak tidak dipaksa untuk makan dengan makanan yang itu – itu saja. Berikan pilihan supaya pola makan teratur ini bisa terus diterapkan sang anak.

Selain nasi, anak juga terkadang sulit untuk makan sayur. Padahal kandungan nutrisi dalam sayur sangat banyak untuk pertumbuhan sang anak. Tahukah bunda jika sayuran mempunyai kandungan Vitamin B kompleks, Pro-vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, serta sejumlah mineral lainnya seperti zat besi dan juga klasium dimana sangat di perlukan oleh anak untuk kelangsungan pertumbuhannya.

Selain dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam membujuk Anak untuk memakan sayur, bunda juga bisa lho mengikuti tips berikut agar anak bunda lahap memakan sayur.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

  1. Sajikan sayur dengan karakter yang anak suka. Jika anak suka dengan karakter upin dan ipin, maka Bunda harus membuat karakter upin dan ipin di sayur. Dengan begitu pasti anak akan lebih lahap untuk makan sayur.
  2. Kasih anak reward saat dirinya berhasil makan sayur hingga habis. Maka, anak akan lebih semangat makan walaupun tidak menyukainya karena reward yang diberikan oleh Bunda.
  3. Carilah kondisi yang menyenangkan untuk anak saat makan. Misal anak lebih suka makan sambil menonton TV. Maka, alihkan anak dengan menonton kartun kesukaannya. Dengan cara ini anak akan melahap makanan yang diberikan Bunda.
  4. Jika masih sulit makan sayur dalam bentuk asli sayur, maka Bunda bisa siasati dengan mengganti sayur tersebut dengan cemilan sehat untuknya.

Apabila anak Bunda masih juga sulit makan, walaupun disajikan makanan yang bukan nasi dan sayur tentu saja hal ini terkadang membuat sebagian orang tua merasa bingung. Namun bukan bunda namanya jika ia tidak memiliki segudang cara agar membuat anak lahap makan. Mungkin cara ini bisa bunda pake di rumah masing-masing untuk membuat anak mau makan dengan lahap.

Cara Alternatif Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Dan Sayur Dengan Memasak Bersama

  1. Ajaklah anak untuk menikmati cara membuat makanan untuk dirinya sendiri. Dengan begitu si anak bisa dengan lahap memakan makanannya karena merasa senang bisa membuat makanannya sendiri.
  2. Buatlah anak untuk berolahraga. Tips ini adalah salah satu cara mengatasi anak susah makan, dengan berolahraga anak akan mengeluarkan karbohidrat dengan berlebih. Jika sudah begitu maka dirinya tanpa di paksa makan, akan makan dengan sendirinya.
  3. Jika anak masih tidak mau makan, berbicaralah dengan baik. Tanyakan apa menu yang ingin dimakan pada hari itu dan seringlah berkomunikasi dengan anak untuk menu yang akan dimakannya setiap hari.

Yukk coba praktekan tips alternatif tersebut dirumah. Ohh yaa, bunda juga bisa lho memberikan buah – buahan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak Bunda, ini merupakan salah satu cara mengatasi anak susah makan. Dengan memakan buah-buahan maka nutrisi dalam tubuhnya akan bertambah dan tentunya hal ini bisa menambah daya tahan tubuh anak menjadi kuat. Lalu apa saja buah-buah yang dapat menambah nafsu makan anak? Berikut adalah daftarnya.

Jenis Buah Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Buah untuk Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Dan Sayur

  1. Buah jeruk kaya akan vitamin C ternyata bisa menambah nafsu makan anak. Rasa manis dan asam pada jeruk dapat menggugah nafsu makan serta menyegarkan badan. Untuk anak yang memiliki panas dalam, setelah makan jeruk ini bisa dengan mudah menambah nafsu makan.
  2. Buah pepaya juga merupakan salah satu buah yang dapat menambah nafsu makan anak. Selain itu, buah ini bagus untuk pencernaan. Kandungan dari buah pepaya ini adalah kaya akan vitamin A.
  3. Buah pisang adalah buah yang lembut saat dimakan. Buah ini dapat merangsang nafsu makan anak, selain kaya akan vitamin C buah ini juga cocok untuk dikreasikan dengan berbagai macam varian makanan supaya anak tidak bosan untuk makan buah.

Dengan berbagai tips dan trik diatas, diharapkan anak bunda dapat dengan lahap memakan makanan yang setiap hari bunda masak dengan spesial. Agar semakin lahap dalam memakan, buatlah juga situasi makan yang menyenangkan agar terbentuknya kasih sayang antara bunda dan anak pada saat sedang makan.

Setidaknya ada 3 contoh situasi makan yang mengasikan bagi anak, sekaligus ini menambah kedekatan emosional.

Situasi Makan Yang Menyenangkan Bagi Anak

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Dan Sayur Dengan menyuapi anak

  1. Makan bersama keluarga besar dapat merangsang anak untuk makan juga. Melihat banyak menu makanan dan banyak yang menemani makan pasti membuat anak bersemangat untuk makan dengan lahap.
  2. Bunda juga ikut makan saat menyuapi anak. Anak merasa bahwa dirinya tidak selalu dipaksakan saat makan, melihat Bunda-nya juga makan pasti anak akan merasa ingin makan juga.
  3. Makan bersama dengan teman – temannya saat berada di tempat bermain anak di komplek rumah bisa menjadi pilihan Bunda. Makan bersama dengan teman ini akan membuat si anak senang, apalagi makannya sambil bermain. Dijamin anak Bunda akan nambah makannya.

Bagaimana Bunda, sudah mulai mengetahui cara mengatasi anak susah makan kan? Tidak perlu khawatir berlebihan jika anak Bunda sulit makan. Cobalah untuk mengerti kemauan si anak dan seringlah ajak mereka untuk berkomunikasi. Mudah – mudahan dengan berbagai cara diatas dapat membuat anak Bunda makan dengan lahap ya. Sharing ya Bunda di kolom komentar, cara mana yang paling berhasil untuk anak Bunda?

Leave a Comment