Sedang Depresi? Ini Dia Cara Mudah Untuk Mengobatinya

Depresi adalah keadaan mental dan emosi  yang buruk dimana akan berakibat pada kondisi fisik. Gejala fisik akibat depresi misalnya, badan selalu merasa lelah, kehilangan berat badan yang signifikan, sering sakit kepala, sakit pencernaan, dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati depresi yang sedang anda derita.

  • TIDUR KUY!
Cara mengobati depresi
tips menghilangkan depresi

Tenang saja, keadaan ini bisa diatasi dengan hal yang relaks seperti tidur! Dengan tidur, tubuh akan ‘memperbaiki’ dirinya sendiri. Pada saat tidur, semua otot tubuh juga akan beristirahat. Hal ini penting untuk otot agar lebih sehat saat bangun. Ketika tidur, hormon pertumbuhan dalam tubuh juga akan meningkat drastis. Hormon pertumbuhan akan bekerja membangun dan memperbaiki sel-sel otot yang telah rusak setelah seharian beraktivitas. Tidak hanya memperbaiki sel otot, hormon pertumbuhan juga dapat membantu tulang untuk tumbuh dan regenerasi.

Menurut Dr. Shah Nawaz Khan dalam The Review of Religions, April 1993, tidur mempengaruhi metabolisme tubuh dan merangsang daya asimilasi. Itulah sebabnya jika tidur berlama-lama malah tidak sehat, karena tubuh kita menyerap / mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi.

Sehingga jika kita tidur kelamaan maka akibatnya kita bukannya menjadi segar bersemangat tetapi malah loyo. Disarankan untuk menata selang-selang (periode) aktivitas dan istirahat menjadi lebih pendek. Contoh yang terbaik adalah apa yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Beliau biasanya pergi tidur tidak terlalu malam kemudian bangun beberapa saat setelah lewat tengah malam untuk melakukan shalat Tahajjud. Besoknya beberapa saat menjelang tengah hari beliau tidur sejenak.

  • MAKAN PISANG BRO!
Tips menghilangkan stress
Cara menyembuhkan depresi

Hal enak lain yang bisa kita lakukan untuk mengurangi depresi adalah makan pisang! Dalam pisang, terkandung banyak vitamin dan mineral. Misalnya zat besi yang terkandung dalam pisang, dapat  membantu mengatasi penyakit anemia. Kemudian, pisang juga dapat mengurangi stres dan depresi karena kandungan asam triptophannya yang diubah menjadi serotonin, yaitu zat yang mampu mengubah suasana hati.

Ketika stres, jantung cenderung berdetak lebih kencang dan membuang banyak kalium di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi pisang, maka akan meningkatkan kembali kadar kalium dalam tubuh serta melancarkan pengiriman oksigen ke otak. Kadar glukosa dalam darah juga akan diatur oleh vitamin B6 yang terkandung dalam pisang, sehingga akan mengubah mood.

  • BACA INI!
tanda-tanda gejala depresi
tips mengobati depresi

Biasanya orang yang sedang depresi akan mengalami kesulitan untuk tidur. Hal ini karena otaknya tidak relaks, penuh dengan kecemasan dan ketakutan serta kesedihan. Sehingga orang yang depresi akan melakukan aktivitas sia-sia seperti nonton sampai larut, termenung berlama-lama, atau hal-hal unfaedah lainnya. Hal ini adalah bentuk pembuangan energi yang sia-sia.

Daripada seperti itu, lebih baik berwudhu, ambil Al Quran, masuk ke kamar, duduk, lalu baca AlQuran dengan bersuara sampai rasa kantuk datang! Hal ini sudah pernah terjadi pada seorang ibu yang berusia 30 tahunan yang berasal dari Riau. Dia hidup perkecukupan dengan suami dan 3 anaknya. Namun, karena suatu sebab dia mengalami depresi yang membuatnya sakit-sakitan dan sulit tidur.

Ia pun melakukan terapi baca Quran ini, setiap habis sholat isya dia membaca Al Quran dengan bersuara sampai rasa kantuknya tiba. Awalnya dia sanggup membaca AlQuran sampai jam 3 subuh! Lalu keesokan harinya ia sanggup sampai jam 2 subuh, esoknya lagi sampai jam 11 malam. Sampai akhirnya sang ibu bisa mendapatkan rasa kantuknya usai membaca Al Quran di jam 9 malam! Kabar baiknya, sakit-sakitan di tubuhnya pun berangsur hilang.

  • NONTON SERU!
ciri-ciri orang mengalami depresi ringan
cara mengobati depresi

Orang yang depresi seringkali mager alias malas gerak, kebanyakan akan memilih mengurung diri di rumah sambil nonton di laptop atau nonton tv. Kebanyakan orang yang mudah depresi juga adalah seorang introvert atau seorang penyendir. Tipe seperti ini bila depresi tidak mau mengonsultasikan masalahnya pada orang lain.

Bila anda sedang mengalami stress, cara mengobatinya adalah dengan menonton ceramah yang berisi motivasi atau harapan spiritual. Orang yang depresi cenderung tidak lagi tertarik dengan masa depan atau hal kreatif lainnya, sehingga cocok untuk menyadarkan si penderita depresi ini dengan cara memperdengarkan padanya bahwa ‘harapan’ itu masih ada!

Selain menonton video ceramah dan motivasi, tontonan yang baik untuk meringankan depresi adalah menonton video lucu! Ini akan membuat suasana murung menjadi lebih cerah karena tawa. Tertawa atau tersenyum adalah tanda sehat. Asal tidak terbahak maka terapi senyum ini bisa membangkitkan diri dari kesedihan.

Leave a Comment