Ingin Hidup Tetap Sehat? Jangan Hilangkan 5 Kebiasaan Berikut Ini

Hidup sehat  itu dambaan setiap orang. Manfaat hidup sehat antara lain tidak gampang capai dan sakit, sehinggah aktifitas akan berjalan dengan lancar setiap harinya. Membayangkan selalu ada waktu untuk berkumpul dengan keluarga tercinta bila hidup sehat dan tidak gampang masuk rumah sakit. Namun sayangnya banyak dari kita yang kesulitan untuk hidup sehat, terutama yang sibuk banget mengurusi kerjaan. Bukan hanya harus meluangkan waktu lebih banyak, namun juga biaya yang lebih untuk pengeluaran yang serba sehat.

Kesehatan merupakan hal yang mahal harganya. Sebaik-baik pengobatan dan alat medis di jaman sekarang, tentu masih lebih baik mencegah dari pada mengobati. Maka dari itu sangat penting menjaga kesehatan dari hal-hal kecil yang kita lakukan setiap harinya. Tahukah anda, beberapa kebiasaan berikut ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Maka yang mempunyai kebiasaan berikut ini, lebih baik anda mempertahankannya.

  1. Bangun Pada Sepertiga Malam Atau Subuh

kebiasaan hidup sehat

Setelah dilakukannya penelitian ternyata bangun di sepertiga malam sangat bermanfaat bagi kesehatan.

  • Sangat baik untuk mengoptimalkan proes metabolisme tubuh karena udara pada saat itu sangat kaya akan oksigen dan belum terkontaminasi oleh zal-zat lain.
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Membantu merangsang pembentukan hormon setoronin dalam tubuh yang fungsinya menjaga keseimbangan mental dan suasana hati yang baik.
  • Membantu pembentukan sel darah baru.
  • Kadar gas ozon (O3) yang terdapat pada udara pagi mencapai titi tertinggi. Kadar gas ini akan hilang sedikit-demi sedikit hingga hilang sama sekali ketika mataharu sudah terbit. Gas ini sangat bermanfaat bagi organ-organ saraf, karena dapat mengaktifkan kerja otak dan otot tubuh secara maksimal.
  1. Makan dan Minum Sambil Duduk

kebiasaan hidup sehat

Tubuh manusia terdapat suatu jaringan yang berfungsi sebagai penyaring (filter). Atau disebut juga sfringer, adalah struktur maskuler (berotot) yang dapat membuka (sehinggah air kemi dapat lewat) dan menutup kembali. Ginjal memiliki pos-pos penyarinagn, ketika anda minum air yang masuk dalam tubuh akan disalurkan melalui pos-pos tersebut. Sfringer ini akan membuka ketika anda duduk dan akan menutup ketika anda berdiri. Karena itu air yang anda minum ketika berdiri akn langsung menuju saluran kemih tanpa adanya penyaringan, yang berakibat pada pengendapan pada saluran ureter. Sehingga dapat memicu gangguan pada ginjal. Maka lebih baik kebiasaan minum dengan duduk karena sfringer akan terbuka dan mnyaring air dan diproses terlebih dahulu sebelum disalurkan ke kantong kemih.

  1. Makan dengan tangan (tanpa sendok dan garpu)

kebiasaan hidup sehat

 

Seperti yang telah dijelaskan oleh Prof. Dr. Abdul BusithMuhammad As-sayyid dalam buku “inilah makan Rosululloh SAW” sebagai berikut:

“………tangan kita terdapat sebuah enzim, yaitu enzim Rnase yang dapat menurunkan aktivitas bakteri-bakteri patogen yang terdaapat pada tangan kita, sewaktu kita makan. Ketika kita menyuapkan makanan dengan tangan, bakteri yang terdapat pada makanan dapat terikat dengan enzim Rnase yang dihasilkan oleh tangan kita. Dan jangan lupa cuci tangan sebelm makan tentunya.”

  1. Menunggu Makanan Agar Dingin Terlebih Dahulu Sebelum Dimakan

kebiasaan hidup sehat

Apabila kita biasa menunggu makanan agar lebih dingin sebelum dimakan, maka kebiasaan tersebut wajib dipertahankan. Karena apabila kita tidak sabar dan meniup makana atau minuman yang panas atau bahkan kita menghembuskan napas ke dalam gelas pada saat kita minum, maka kita akan mengeluarkan gas karbon dioksida yang apabila bercampur dengan air maka akan membentuk H2CO3 atau sama dengan cuka yang dapat merubah sifat air minuman menjadi senyawa asam karbonat yang bersifat asam. Jika PH air berubah maka dapat menyebabkan darah menjadi lebih asam dari yang seharusnya, dan dapat menyebabkan beberapa penyakit dalam.

Beberapa kebiasaan ternyata sudah dilakukan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW selaku teladan yang utama bagi muslim. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Comment