Konsep Utama Untuk Menjadi Muslimah Sukses Di Usia Muda

Pada dasarnya fitrah seorang muslimah adalah menjadi seorang ibu rumah tangga bagi keluarganya dan menjadi istri yang senantiasa taat pada suaminya. Namun kodrat sebagai muslimah tidaklah membatasi ruang gerak muslimah untuk berkarya untuk bangsa dan agama.

Sudah saatnya muslimah menggali potensi dan mewujudkan mimpi dengan kontribusi nyata. Mewujudkan mimpi melalui sebuah karya yang luar biasa. Dalam hal ini akan dibahas mengenai cara menjadi wanita yang berani sukses dengan BERPRESTASI, BERKARYA, dan MENGINSPIRASI.

Menurut Rika Mayasari (Master trainer dan motivator termuda Se- Asia Tenggara) dalam bukunya yang berjudul “Wanita Tak Sekedar Bicara Tapi Bukti dan Karya”, untuk menjadi wanita yang berani sukses, tentunya harus mempunyai tujuan hidup.

Ibarat kapal ditengah-tengah samudra tanpa nahkoda, kapal itu akan hanyut diterjang gelombang. Sebaliknya, dengan tujuan yang jelas, manusia seperti kapal yang mampu berlayar menentang gelombang menuju tujuan. Perbedaan hanyut dan berlayar ditentukan oleh tujuan.

Siapa Wanita Tangguh

Wanita yang tangguh adalah yang mampu bertahan terhadap tujuan hidupnya, walau terkadang lingkungan tidak mendukung tapi dia tetap konsisten terhadap apa yang menjadi tujuan hidupnya.

Sebagai wanita kita pun harus tahu koridor-koridor sebagai seorang wanita. Dan dalam menjalani kehidupan ini dibutuhkan kesungguhan, kerja keras, serta optimisme yang tinggi agar tujuan hidup tercapai.

Sedangkan dalam mencapai tujuan yang dibutuhkan, pertama motivasi untuk menumbuhkan semangat. Motivasi yang kuat di dalam diri memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri sendiri dan kehidupan ini.

Sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah kedepan untuk mencapai visi hidup. Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, jika ia sendiri tidak mau mengubahnya (Qs. Ar-Ra’d Ayat 11).

Takdir memang ditangan Allah, namun nasib bisa diubah sejalan dengan perubahan yang dilakukan. Merencanakan hari esok merupakan hal yang penting, namun melakukan yang terbaik hari ini merupakan keharusan. Jadi lakukan yang terbaik disetiap episode kehidupan.

Ciri Muslimah Yang Sukses

Kedua menumbuhkan sikap antusias. Manusia menumbuhkan perasaan antusias bukan hanya untuk memberikan semangat, tetapi juga mendorong untuk melakukan sesuatu dengan senang gembira. Karena antusias merupakan energi yang tertanam dalam kehidupan setiap orang, energi yang membuat selangkah lebih maju.

Ketika anda memiliki sebuah keinginan yang kuat untuk mewujudkan impian anda, maka tidak akan ada sesuatu pun yang  akan menghalangi anda mencapai impian tersebut. Apabila impian anda saat ini terlihat jauh, maka mulailah dengan langkah kecil terlebih dahulu, karna langkah kecil tersebut kelak akan menjadi besar.

Berbuatlah sebisa anda, untuk sebuah kata “tercapai”. Sebenarnya antusias atau semangat dapat hadir jika ada keyakinan dalam hati, maka tumbuhkanlah keyakinan dan berdoalah, lalu lakukan sesuatu untuk mewujudkan impian anda tersebut.

Konsep utama untuk menjadi muslimah yang berani sukses, diantaranya adalah:

  • Menumbuhkan keberanian

Setiap manusia dikaruniakan Allah akal dan pikiran yang membedakan dengan makhluk yang lainnya. Potensi yang besar juga telah Allah berikan kepada kita. Namun, sejauh mana rahmat itu kita manfaatkan, tergantung pada diri kita. Apapun keinginan dan impian anda, pantaskan diri menjadi umat terbaik di hadapan Allah. Buktikan kesungguhan di dunia hingga menggapai mahfiroh di akhirat kelak. BUKTIKAN dengan NYATA! Niat baik harus dilakukan.

  • Berani berprestasi

Hidup tidak sekeadar mencari ilmu saja dan tanpa diamalkan. Tidak cukup melihat niat baik saja tapi harus serius melakukannya. Sepenggal kisah para wanita hebat didunia termasuk salah satunya adalah R.A. Kartini yang terkenal sebagi tokoh emansiipasi wanita, mengisyaratkan begitu pentingnya keyakinan dan keberanian untuk meraih impian-impian kita. Apapun yang kita ikhtiarkan dengan baik, maka hasilnya pun akan baik, Man jadda wa jadda!.

  • Berani berkarya

Banyak tokoh wanita saat ini yang tak lagi takut untuk berkarya, salah satunya ialah Asma Nadia seorang penulis ternama dengan banyak karya best sellernya, satu lagi ada Dian Pelangi seorang designer ternama. Mereka berdua sama seperti wanita pada umumnya, yang membedakan mereka dengan yang lain adalah, mereka BERANI BERKARYA, mereka mau memanfaatkan potensi yang ada pada diri mereka untuk membuat suatu karya sederhana menjadi suatu karya yang besar.

  • Belajar mandiri

Tugas utama seorang wanita ketika ia telah berumah tangga adalah mendidik generasi-generasi baru. Memang wanita telah dipersiapkan Allah untuk tugas tersebut. Namun hal ini tidak menjadi alasan untuk wanita selalu bergantung pada lelaki. Wanita dapat belajar mandiri dengan cara seperti berwirausaha dan sebagainya. Namun, tetap tidak meninggalkan kewajiban utamanya.

  • Berani menginspirasi

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menjadi muslimah sukses, semoga kita tidak menjadi wanita yang sekedar bicara, namun kita bisa menjadi wanita sukses melalui bukti dan karya. Satu kata dari saya impian itu baik, namun lebih baik jika diwujudkan, let’s become to the great woman!.

Leave a Comment