Rangin, Kue Tradisional Sepanjang Zaman Lengkap Dengan Resepnya

Kue Rangin – Siapa di antara ibu-ibu yang tidak tahu kue rangin? Orang Surabaya menyebutnya rangin, tetapi beberapa daerah beda nama. Di Jakarta, kue ini disebut kue pancong. Orang Bandung menyebutnya kue bandros. Orang Bojonegoro menyebutnya ‘tratak jaran,’ sedang di Bali menamakannya ‘daluman.’

Harga seporsi rangin (satu baris cetakan) berkisar 3 ribu – 5 ribu rupiah. Khusus rangin yang dimodifikasi dengan aneka rasa, dibandrol dengan harga 8 ribu – 10 ribu rupiah per porsi.

Bentuknya melengkung dengan ketebalan sekitar 2 cm. Bagian dalam kue berwarna putih, bagian luar berwarna kecokelatan. Teksturnya lembut, rasanya gurih. Kue sederhana yang rasanya istimewa. Kalau sudah berhadapan dengan rangin, maka kue yang mana pun lewat sudah. Yuk, kita kenali seputar kue tradisional satu ini.

Bahan Dasar

Bahan dasar Kue rangin

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan kue ini adalah sebagai berikut:

  • tepung beras
  • kelapa muda parut
  • gula pasir
  • mentega
  • santan
  • garam
  • air

Bahan-bahan di atas tentu tidak sulit ditemukan, bukan?

Alat

Untuk membuat kue rangin, tidak memerlukan banyak alat. Cukup sediakan baskom, kompor, cetakan loyang, cangkir, serta sudip kecil atau pengait.

Cara Pembuatan

cara membuat kue rangin

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan kue rangin:

  1. Campurkan semua bahan (kecuali mentega dan gula pasir), aduk merata kurang lebih selama 30 menit hingga adonan mengental.
  2. Panaskan cetakan loyang di atas kompor.
  3. Masing-masing rongga cetakan olesi dengan mentega. Sebagian orang tidak mengolesinya. Tidak apa. Sebab adanya santan dalam adonan membuat loyang tidak lengket.
  4. Tuang adonan pada cetakan loyang dengan memakai cangkir.
  5. Tutup cetakan. Tunggu hingga beberapa menit.
  6. Setelah matang, lepaskan adonan dari cetakan, menggunakan sudip kecil atau pengait.
  7. Taruh kue rangin dalam piring saji. Olesi permukaan bagian dalam dengan mentega, lalu taburi dengan gula pasir. Nah, kue rangin hangat siap disantap.

Varian Rangin

Varian kue pancong dan rangin

Seiring perkembangan, manusia tidak hanya mengutamakan rasa. Kreasi-kreasi rasa unik pun bermunculan agar rangin lebih menggiurkan dan sesuai selera dengan banyak pilihan rasa.

Saat ini kue rangin tidak hanya bercita rasa gurih, tetapi ada juga yang rasa cokelat, nangka, keju, dan lain-lain.

Untuk rasa nangka, ambillah nangka, potong dadu kecil-kecil, lalu campurkan dalam adonan sebelum dicetak. Bisa juga dipotong memanjang untuk dijadikan ‘topping.’

Untuk rasa cokelat, tuang cokelat cair ke atas kue rangin yang telah matang. Tuang dengan pola zig-zag agar tampilannya menarik.

Untuk rasa keju pun lakukan hal yang sama seperti rasa cokelat, yakni taruh parutan keju sebagai ‘topping.’

Selain nangka, cokelat dan keju sebagai ‘topping,’ ada juga yang memberi taburan meses. Sesuai selera saja. Namun rangin yang asli, yang tanpa modifikasi, tetap menjadi favorit.

Rangin Cantik Tampil Menarik

kue rangin dan cara membuatnya

Selain modifikasi rasa, kue rangin pun mengalami tampilan baru. Dengan cetakan bentuk khusus yaitu bentuk mawar, bentuk bundar, dan lain-lain, tampilan kue rangin tidak kalah dengan kue-kue lainnya. Meski merupakan kue tradisional, jika disajikan cantik dalam piring kudapan, pasti bisa tampil menawan.

Nah, setelah mengetahui seluk-beluk rangin, mari kita praktikkan pembuatannya bersama. Siapa tahu, suami dan anak-anak kita menyukainya. Siapa tahu, malah bisa menjadi usaha di rumah agar pemasukan bertambah. Mari kita lestarikan kue khas nusantara dengan mengenalkannya pada anak cucu kita.

Pengunjung juga mencari:

  • taburan aneka rasa kue rangin panggang yg mantap
  • resep kue rangin aneka rasa

Leave a Comment