Mayoritas Wisatawan Belum Tau Makanan Khas Lamongan Yang Satu Ini

Bila membicarakan tetang makanan, tentu tak ada habisnya. Karena dari masa ke masa, mulai dari nenek moyang sampai kids jaman now makanan selalu eksis dan tak pernah luput dari pembicaraan. Dari sekian banyak janis makanan, yang paling familiar adalah makanan tradisional atau makanan khas dari suatu daerah.

Karena bisa dibilang bahwa makanan khas suatu daerah adalah identitas dan ciri khas dari daerah tersebut selain tempat-tempat wisatanya. Contoh saja kota kecil di Jawa Timur bernama Lamongan. Lamongan adalah kota yang berbatasan dengan Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat, serta Laut Jawa di utara.

Kota ini selain terkenal dengan tempat wisatanya yang bermacam-macam, seperti : Wisata Bahari Lamongan atau yang biasa disingkat WBL, goa Maharani yang terletak di depan WBL, dan Wisata Religi Sunan Drajad, juga terkenal karena soto nya. Namun ternyata banyak wisatawan yang belum tau kuliner khas lamongan selain soto lamongan. Lalu apa saja makanan khasnya? Berikut ini adalah daftarnya:

  1. Soto

wisata kuliner soto khas lamongan
Makanan Khas Lamongan

Sebenarnya soto juga menjadi identitas dari Madura dan beberapa daerah lainnya. Namun soto lamongan memiliki ciri khas yang membedakannya dengan soto dari daerah lain. Sebenarnya soto lamongan memiliki bentuk fisik yag sama dengan soto dari daerah lain.

Ada mie bihun, irisan daging ayam, dan kuahnya yang berwarna kekuningan dan berminyak.  Sebagai pelengkap tentu saja bawang goreng, air jeruk nipis, daun bawang, terkadang ada yang menambahkan telur rebus atau ceker ayam. dan bila ingin agak pedas bisa menambahkan sambal sesuai selera.

Soto lamongan biasa disajikan dengan uap dari kuahnya yang masih mengepul. Karena memang soto Lamongan nikmatnya dimakan bila masih panas, kalau sudah dingin tingkat kenikmatannya akan berkurang. Bila kamu ingin makan soto lamongan ini, biasanya di sepanjang jalan tersedia banyak penjual soto lamongan. Dan kamu cukup menyediakan budget antara 10-20 ribu per porsinya. Cukup murah kan?

  1. Pecel lele

Makanan Khas pecel lele Lamongan

Makanan satu ini bahan utamanya adalah lele yang digoreng, dilengkapi dengan sambal dan lalapan. Namun biasanya penjual pecel lele juga menawarkan pilihan lain seperti aya, tahu, maupun tempe bagi mereka yang ingin menikmati sambal Lamongan namun tidak suka makan ikan lele.

Yang membuat pecel lele Lamongan berbeda dengan pecel lele lain adalah rasa lele nya yang gurih karena direndam dengan bumbu tertentu sebelum digoreng, juga sambalnya yang mempunyai rasa khas. Sebenarnya pecel lele Lamongan banyak dijual di luar lamongan, namun rasanya tentu tak seenak ketika beli di Lamongan langsung.

Karena biasanya yang menjual pecel lele lamongan belum tentu orang lamongan asli, sehingga tidak tau resep rahasia yang digunakan oleh orang lamongan untuk kelezatan masakannya. Namun yang lucu dari makanan ini adalah, biasanya di kota-kota lain banyak yang menjual pecel lele lamongan, tapi anehnya di lamongan sendiri yang dijual adalah pecel lele. Bukan pecel lele Lamongan. Kamu bingung? Sudah lupakan. Hehehe.

  1. Nasi boran

Masakan Khas Nasi boran lamongan jawa timur

Boran adalah tempat nasi yang terbuat dari bambu yang digunakan oleh wanita lamongan pada zaman dahulu. Namun karena perkembangan zaman, menyimpan nasi sekarang menggunakan magic com yang lebih modern dan bisa membuat nasi/sego tetap hangat sepanjang waktu.

Sehingga penggunaan boran lama kelamaan ditinggalkan. Nah uniknya kuliner ini, boran tetap dipakai sebagai tempat nasinya. Dimana kesan tradisional akan tetap terasa. Makanan ini terdiri dari nasi, berbagai macam pilihan lauk, disajikan dengan siraman bumbunya yang pedas, dan dilengkapi dengan rempeyek (kerupuk yang terbuat dari tepung beras, lalu dibumbui dan digoreng tipis).

Kamu ingin mencobanya? Nasi boran ini banyak dijual di tempat umum dan disamping jalan raya, coba saja pergi ke alun-alun lamongan. Akan banyak sekali ibu-ibu penjual nasi boran yang menggelar dagangannya. Cobalah membelinya, dan nasi boran khas Lamongan siap kamu nikmati.

  1. Wingko

makanan khas Wingko Babat lamongan
Kuliner Khas Lamongan

Makanan ini terbuat dari campuran ketan dan kelapa. Bentuknya bundar dan warnanya gelap. Cocok digunakan sebagai oleh-oleh dan camilan ketika kumpul bersama keluarga maupun untuk menemani perjalanan kamu. Karena pusatnya wingko berada di lamongan, tepatnya babat. Sehingga disebut wingko babat. Makanan ini juga sebenarnya sudah ada di beberapa kota, namun seperti kasus pecel tadi bahwa yang langsung dari asalnya memang tiada duanya. Wingko babat ini tak kalah terkenal dengan makanan sebelumnya, bahkan Dewi Sandra baru saja membuka outlet makanan ringan yang terinspirasi dari wingko ini. Yaitu wingkorrols. Namun bila kamu ingin mencoba rasa wingko yang asli, kamu bisa membelinya di pasar Babat. Namun, Terkadang di dalam bis pun, banyak bapak-bapak maupun ibu-ibu yang menjajakan wingko babat ini.

  1. Tahu campur

masakan khas Tahu campur kota lamongan

Tahu campur juga tak berasal dari lamongan saja, banyak daerah lain yang terdapat penjual tahu campur. Tahu campur terdiri dari irisan lontong, tahu, selada, perkedel, bihun, kulit sapi, serta kecambah. Lalu bahan tersebut disiram dengan kuah yang sudah dicampur dengan petis udang. Namun sama seperti kasus sebelumnya, tahu campur yang berasal dari lamongan memiliki  rasa yang khas dan berbeda dari tahu campur dari daerah lain. Kamu bisa menemukan penjual tahu campur ini pada malam hari di pinggiran kota Lamongan.

  1. Bandeng Colo

makanan khas tradisional Bandeng Colo lamongan

Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar bandeng. Yang dilengkapi dengan sayuran, dan kuahnya yang berwarna kuning. Makanan ini memiliki rasa yag pedas bercampur rasa masam dari jeruk nipis. Bagi kalian yang pertama kali mencobanya akan merasa sedikit aneh. Namun lama kelamaan akan terbawa sehingga ingin memakannya lagi dan lagi. Kalau kamu memang penasaran dengan makanan ini, datang saja ke Lamongan tepatnya di daerah jalan sunan Giri, Lamongan.

  1. Es Siwalan

minuman khas kota lamongan Es Siwalan jawa timur
Makanan Khas Lamongan

Kalau tuban terkenal dengan minumannya yaitu legen, Lamongan juga punya minuman khas loh. Yaitu es Siwalan. Siwalan atau yang biasa disebut ental adalah buah dari siwalan yaitu pohon lontar atau tal. Buah ini banyak tumbuh di darah pesisir, seperti Lamongan.

Jika kamu berminat, coba saja datang ke alun-alun lamongan, ada banyak sekali penjual es siwalan ini disana. Akan lebih cocok lagi kalau kamu makan nasi boran dengan ditemani segelas es Siwalan. Pasti kamu akan terbayang selalu akan kelezatan keduanya ketika berpadu. Gak percaya? Makanya cobain aja.

Nah, itu tadi beberapa kuliner asli dari lamongan. Buat kamu para pecinta makanan, tak lengkap bila tak mencicipi beberapa makanan diatas. Kamu yang ngaku traveller? Udah pernah ke Lamongan? Ayok caps, segera atur jadwal untuk bisa menikmati kota Lamongan.

Bila kamu datang ke Jawa timur, jangan lupa mampir ke lamongan dan nikmati wisata yang ada disana, dan setelah puas menikmari wisatanya, jangan lewatkan mampir dan mengicipi kuliner khas lamongan ini. Gimana? Sudah memasukkan nama Lamongan ke daftar perjalanan Libran kamu?

Leave a Comment