Mayoritas Orang Bertanya, Kenapa Setelah Menikah Gampang Gemuk? Ternyata Ini Jawabannya

Banyak yang beranggapan bahwa selama ini wanita cenderung menjadi bertambah gemuk setelah menikah. Pemicunya tentu sangat beragam mulai dari kehamilan, kelahiran, sampai fokus yang terbagi-bagi antara mengurusi anak dan suami, sehingga mengurusi diri sendiri menjadi tidak terlalu penting.

Bukan hanya wanita, pria pun mengalami hal yang serupa. Sering kita menemui dikehidupan sehari-hari pria yang sudah menikah akan bertambah tembam di pipi atau terlihat lebih berisi.  Fenomena ini dianggap sebagai implementasi akan kebahagiaan setelah memasuki dunia pernikahan. Ya, menjadi gemuk adalah tanda bahwa seseorang tersebut merasa bahagia. Benarkah?

setelah menikah kok gendutan

Mengapa sepasang kekasih menjadi lebih gemuk setelah menikah?

Jawabannya adalah karena cinta.

Eits! Mungkin kedengarannya sedikit bohong, yah. Tetapi sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal Families, System, and Healt mendapatkan data dari sejumlah responden sebanyak 2.300 pria muda sebanyak 25% dari mereka memiliki peluang besar untuk menjadi gemuk, dibandingkan dengan pria single atau pra yang sedang dalam hubungan pacaran.  “gemuk” disini memang memiliki beragam arti, tetapi yang dimaksud para ahli adalah imdeks masa tubuh yang melebihi angka normal 25. Wah!

Setelah Menikah Gampang Gemuk

Mengapa bisa begitu? Dan apa hubungannya dengan cinta, yah?  Hal-hal sederhana yang sering terjadi setelah menikah, misalnya selalu tersedia makanan atau sarapan karena sudah ada sang istri yang memasakkan, makan tak tak lagi sendiri  terutama di pagi hari, dan selalu ada yang mengingatkan untuk hal-hal yang kadang tidak terpikirkan.

Tetapi hal sederhana tersebut menjadi sebuah perubahan yang sangat mempengaruhi kebahagiaan pasangan. Karena rasa cinta terhadap pasangan, kita biasanya terdorong untuk melakukan banyak hal bersama mereka. Dan yang terpenting akan selalu berusaha untuk tidak menyakiti pasangan. Di kantor misalnya sebelum pulang kita sudah makan malam, tetapi sampai rumah ternyata sang istri sudah memasakkan menu istimewa, yakin ingin membuat pasangan kecewa?

Setelah Menikah Gampang Gemuk

Logikanya jika masing-masing sudah mendapat kenyamanan dalam pernikahan, maka kita cenderung akan lupa banyak hal. Bisa lupa berolahraga, makan tidak teratur, tidak menjaga pola makan, apa lagi diet, dan sebagainya. Just smile and be your self, yah!

Menurut pandangan islam, pernikahan adalah sebuah ibadah. Tidak sekadar menyatukan dua insan, melainkan mengubah sesuatu yang awalnya haram menjadi halal bahkan bernilai ibadah. Maka tidak jarang pasangan suami istri akan berusaha menyatukan dan menyamakan visi, misi, bahkan hoby.

Tak jarang kegemukan terjadi karena salah satu dari pasangan tersebuat memiliki kebiasaan makan yang banyak, sehingga menjadikan pasangannya ikut tertular kebiasaan tersebut.

Mayoritas Orang Bertanya, Kenapa Setelah Menikah Gampang Gemuk? Ternyata Ini Jawabannya

Menjadi lebih gemuk atau berisi membuat diri kita lebih sedap dipandang. Akan tetapi perubahan kegemukan yang berlebihan tentu bukan merupakan perkara yang sehat, bahkan harus dihindari. Mulai berkurangnya  olahraga menjadikan badan tidak fit dan penyakit gampang menghampiri.

Meskipun sepasang suami istri memiliki kebahagiaan yang berlimpah sehingga melalaikan kebiasaan sehat sebelum pernikahan, sehingga mengalami kegemukan yang berlebihan atau bahkan menuju taraf obesitas, alasan pernikahan tidak dibenarkan. Maka dari itu baiknya rumah tangga dihiasi oleh sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW.

Misalkan mengamalkan puasa sunnah bersama, makan sebelum merasa kenyang, dan lain sebagainya yang tentu akan semakin berkah karena saling mengingatkan satu sama lain. Selain itu dengan mengamalkan sunnah-sunnah Nabi SAW yang lainnya  kehidupan setelah pernikahan akan diterangi oleh cahaya yang tentram.

Leave a Comment