Gunakan 5 Tips Berikut Ini Agar Rumah Tangga Kamu Menjadi Harmonis

Rumah Tangga Harmonis – Pernikahan merupakan upacara sakral yang hanya dapat dilakukan sekali dalam seumur hidup, di mana seorang pria dan seorang wanita diikat dalam suatu hubungan suami istri yang bertujuan membentuk satu keluarga. Dalam agama Islam, pernikahan disebut sebagai penyempurna dari ibadah manusia.

Di Indonesia sendiri, pernikahan diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (BW). Di era ini, sudah banyak generasi sekarang yang lebih memilih untuk menikah muda, dengan alasan menghindari zina atau bahkan tuntutan karena suatu hal. Karena hambatan usia, terkadang di antara mereka masih bersikap belum dewasa atau masih kekanak-kanakan, jadi sangat rentan terjadinya perceraian. Berikut cara bagaimana mempertahankan hubungan pernikahan bagi pasangan muda:

  1. Saling Setia
Rumah Tangga Menjadi Harmonis
Rumah Tangga Harmonis

Siapapun dalam berhubungan pasti akan mendambakan kesetiaan. Begitupula dalam menjalin hubungan bahterah rumah tangga, seorang suami dan istri harus saling menjaga kesetiaannya. Kesetiaan juga dapat dilihat dari kedewasaan setiap pasangan, untuk saling percaya satu sama lain tentang bagaimana caranya tidak gampang curiga terhadap suatu hal. Kesetiaan dalam rumah tangga juga digambarkan dalam sikap bertanggung jawab setiap pasangan dalam menjaga komitmen yang telah dibuat sebelum pernikahan dilaksanakan.

  1. Saling Perngertian

Rumah Tangga Harmonis

Seorang pasangan harus lebih saling menghormati. Meskipun cara membangun sikap saling pengertian ini relatif sulit, butuh waktu tersendiri bagi setiap pasangan untuk saling menghargai apapun yang dikehendaki oleh pasangannya. Bahkan bagi pasangan yang sudah lama menikah pun, terkadang masih belum tercipta rasa saling mengerti. Apalagi untuk pasangan muda zaman sekarang yang terkadang masih bersikap kekanak-kanakan, setidaknya harus saling mengalah. Jika tidak keduanya, mungkin salah satunya harus mengalah. Maka dari itu, setiap pasangan harus mengalahkan egonya masing-masing demi terjalinnya hubungan yang harmonis.

  1. Menjaga Komunikasi
Tips Rumah Tangga Harmonis
Rumah Tangga Harmonis

Komunikasi sangat penting pada era sekarang. terutama bagi pasangan suami istri yang menikah muda. Komunikasi dapat dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsug. Komunikasi secara langsung dapat dilakukan di rumah bersama pasangan, dengan cara saling bercerita dan saat pasangan saling membutuhkan, karena menjaga pembicaraan dapat menimbulkan keakraban dan kenyamanan dalam suatu hubungan.

Sedangkan komunikasi tidak langsung, biasanya dilakukan bagi pasangan yang melakukan hubungan jarak jauh atau LDR. Pasangan akan memanfaatkan teknologi sebagai perantara dari setiap komunikasi yang dibangun. Apalagi di zaman sekarang, banyak aplikasi komunikasi yang cukup canggih. Tidak hanya melalui telepon dan SMS, setiap pasangan juga dapat memanfaatkan email dan sosial media untuk tetap berkomunikasi.

  1. Jujur Dan Terbuka

Cara Rumah Tangga Harmonis

Terkadang seseorang sangat sulit untuk menerapkan sikap jujur pada dirinya sendiri, apalagi di zaman sekarang, mencari seseorang yang jujur sangatlah sulit. Padahal bersikap jujur sangatlah dibutuhkan demi menjaga karakter dan moral suatu masyarakat. Termasuk dalam hubungan rumah tangga, setiap pasangan ada baiknya saling mengutamakan sikap jujur satu sama lain, agar tidak adanya kebohongan dan kecurigaan yang tercipta. Setiap pasangan juga harus bersikap terbuka, karena hal ini akan mengajarkan untuk saling memahami. Caranya masih dengan menjaga komunikasi, saling mengungkapkan perasaannya ketika itu dirasa perlu.

  1. Melakukan Aktivitas Bersama
Tips dan Cara Rumah Tangga Menjadi Harmonis
Rumah Tangga Harmonis

Ini yang harus banget dilakukan oleh setiap pasangan muda. Seperti pasangan yang baru menikah, hubungan masih akan terasa hangat dan belum ada permasalahan. Jika keduanya sama-sama berada di dalam rumah, aktivitas sederhana yang dapat dilakukan bersama akan terasa ringan dan cepat selesai, seperti membereskan rumah, menjaga kebersihan rumah, memasak dan merawat taman kecil. Untuk membangun suasana yang asik dan akrab, setiap pasangan saling memberikan hiburan kecil, seperti membicarakan sesuatu yang seru. Sedangkan jika di luar rumah, pasangan dapat mamanfaatkan waktu luangnya dengan pergi berlibur, atau jika dirasa tidak sempat, makan malam bersama di tempat makan bisa menjadi solusi terbaik.

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan bagaimana caranya agar hubungan tetap berjalan harmonis? Selain cara yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak cara lainnya agar rumah tangga berjalan harmonis. Biasanya tergantung pada setiap pasangan yang menentukan komitmen dari awal. Seiring berjalannya waktu, agar sekiranya mengurangi resiko terjadinya permasalahan di dalam rumah tangga bagi pasangan muda.

Leave a Comment