Rumus Kaya

Sangat sederhana rumus untuk mencapai kemakmuran itu, yaitu :

KAYA = VALUE X LEVERAGE.

Value adalah nilai anda. Nilai orang terhadap anda. Label orang lain melihat anda. Nilai bukanlah harga yang anda pasang. Tetapi nilai yang orang lain semat kan ke anda.

Value atau nilai caranya bagaimana meninggikannya supaya lebih berharga? Caranya dengan membangun nama. Anda membangun diri anda. Kalau menggunakan kaca pembesar melihat sesuatu itu namanya “magnifying”. Anda membesar, anda harus bisa magnify. Pasti banyak yang bertanya lagi, cara cepet terkenal, di percaya dan disukai bagaimana?

Jawabnya, tidak ada cara cepat untuk terkenal, di percaya dan di sukai !.

Ngak ada namanya cara cepat membangun value. Yang ada adalah cara benar. Begitu dengan “benar” anda mengerjakannya, maka value naik. Pasti. Cepat atau lambat pasti naik. Sementara yang namanya cepat itu pasti karena ada momentum.

Ini istilah fisika. Tanpa momentum kita akan lama. Tapi yang penting “benar” dulu. Gojek, grabcar, uber,airbnb memangnya cepat membangun nya?. Tidak. Namun cara mereka benar, sambil menunggu momentum. Momentum gojek kapan? Coba di ingat-ingat, yaitu ketika jalan Jakarta berada di puncak kemacetan, puncak-puncaknya jalanan macet di Jakarta di tahun 2014. Adanya pembangunan yang memakan badan jalan, jumlah kendaraan lagi tinggi-tingginya. Itulah moment yang go jek tunggu selama 3 tahun. Tanya Nabiel Makarim. Itu bukan ngak sengaja , itu “by design”.

Ok, sekarang faham sudah ya mengenai value? Jadi sekarang mau nanya apa? mau nanya kalau leverage bagaimana gitu ya? Nah ini, kok pengen buru-buru aja sih? Pasti ini cowo deh yang nanya. Kalau cewe itu senengnya yang pasti-pasti, ya ngak?, ok sabar ya..orang value saja anda belum praktek-kan kok mau langsung leverege, piye toh iki ? Tempe bener sih… sudah sana praktek dulu value nya. # Peace
Mardigu – Pebisnis

Leave a Comment