Step By Step : Kenali Jati Diri, Tuntaskan Masalah

Sadarkah anda, bahwa menyelesaikan masalah jika hanya mengandalkan kemampuan pikiran saja. Maka hasilnya adalah membuat pikiran semakin pusing dengan dirinya sendiri..

Saat menghadapi masalah, Banyak orang yang berteori muter-muter namun ujung-ujungnya ya kembali lagi pada masalah yang lainnya.

Setiap solusi yang di dapat, selalu saja mengundang masalah yang lain untuk muncul.

Misalnya soal kebahagiaan..
Mengapa hidup tidak bahagia?
Karena banyak keinginan.

Sekarang, mengapa banyak keinginan?
Karena kita hidup.

Mengapa hidup?
Takdir…. Nah lo..

Selesai nggak masalahnya?
Belum khan…?

Contoh lagi..
Mengapa orang bisa menjadi pemarah?
Karena tidak mampu mengendalikan emosi.
Sekarang, mengapa tidak mampu mengendalikan emosi?
Karena yang diharapkan tidak tercapai.
Memangnya kalau yang diharapkan tidak tercapai, responnya harus emosi marah ya? Apa gak bisa merespons dengan emosi yang lain?

Trus, kalau yang diharapkan sudah tercapai. Apakah dapat dijamin bahwa kamu tidak akan lagi berharap sesuatu yang lebih besar? Yang berpotensi membuat emosi kembali tidak terkendali?

Selesai mikir….?
Belum..

Begitulah..
Banyak hal yang kita lakukan hanyalah berputar-putar di ranah pikir, yang kalau dalam skala kesadaran itu baru ranah tingkat kesadaran 400. Padahal semua yang kita alami dan rasakan, itu semua terkait erat dengan seberapa besar kesadaran kita.

Maka solusi yang paling efektif sebenarnya adalah bukan dengan berpikir sebab akibat, tapi dengan menjadikan diri sendiri berkesadaran murni terlebih dulu baru memikirkan berbagai permasalahan secara jernih dan komprehensif.

Kesadaran murni hanya bisa dicapai jika kita mengenal diri sejati kita. Diri kita secara lebih utuh..

Maka solusi atas setiap permasalahan yang paling efektif sebenarnya adalah dimulai dengan mengenali jati diri sendiri. Ketika sudah mengenalinya, maka seluruh kesadaran positif dan yang memberdayakan lainnya dengan sendirinya akan turut menjadi bagian dari diri kita, dan seluruh kesadaran negatif dengan sendirinya lenyap tanpa ada upaya perlawanan atau adu kuat.

Anda yang mempunyai masalah apapun memang bebas untuk menyelesaikannya dengan cara bagaimanapun. Selagi kesadaran Anda lebih berdaya daripada masalah Anda, Anda bebas mau menyelesaikannya dengan cara bagaimana.

Namun bagi Anda yang merasa mempunyai masalah yang sangat berat yang kesadaran Anda merasakan tak sanggup menyelesaikannya, padahal Anda sudah berusaha dan berdoa dengan maksimal, saya hanya ingin menyarankan agar Anda mengenali jati diri Anda terlebih dulu.

Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Comment