6 Tips Gaya Hidup Sehat Yang Mudah Diterapkan Dalam Keseharian

Tips Gaya Hidup Sehat – Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan idaman bagi setiap orang. Maka tidak heran, jika di zaman sekarang banyak sekali tips dan trik pola hidup sehat yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun terkadang rasa malas lebih cenderung menguasai, sehingga gaya hidup sehat akan terasa sulit dilakukan secara langsung oleh setiap orang.

Gaya hidup sehat dilakukan dengan tujuan untuk mencegah berbagai penyakit, terutama di musim hujan. Banyak sekali jenis penyakit yang terkadang tidak disadari. Berikut merupakan cara melakukan hidup sehat yang sangat mudah dan bisa diterapan sehari-hari:

  1. Rutin Berolahraga

olahraga Tips Gaya Hidup Sehat

Bagi sebagian orang, olahraga merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. Kenapa? Karena orang-orang beranggapan, bahwa olahraga sangatlah menyita waktu dan sangat melelahkan. Setelah melakukan aktivitas lama di depan komputer bagi seorang pekerja, ada baiknya setidaknya setiap seminggu sekali melakukan aktivitas fisik.

Tidak harus pergi ke tempat gym, banyak olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah dan tidak mengeluarkan biaya, di antaranya jogging keliling perumahan atau bisa pergi ke taman terdekat. Jika tidak sempat juga, seseorang dapat melakukan peregangan sederhana seperti pemanasan, agar otot tidak terasa kaku dan tegang ketika beraktivitas.

  1. Mengonsumsi Buah-Buahan Dan Sayuran

buah dan sayur Tips Gaya Hidup Sehat

Selain berolahraga, nutrisi juga sangat dibutuhkan dalam pola hidup sehat. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di ataranya untuk mencegah penyakit kanker, menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan melancarkan pencernaan, menurunkan resiko obesitas bagi orang yang mempunyai tubuh dengan berat badan berlebih, menurunkan kadar kolesterol agar tidak terkena resiko penyakit jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjadikan gigi dan tulang lebih sehat dan kuat. Buah dan sayur yang dapat dikonsumsi setiap hari adalah buah jeruk, pir, apel, pisang, kentang, pir, wortel, bayam, labu, lobak, dan lainnya.

  1. Berhenti merokok

Tips Gaya Hidup Sehat berhenti merokok

Bagi para perokok aktif memang sangat sulit menghentikan kegiatannya yang satu ini, apalagi jika sudah kecanduan berat. Sudah jelas tertulis di kemasannya, merokok dapat mengakibatkan hipertensi, kanker paru-paru, dan gangguan kesehatan lainnya. Tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga merugikan orang-orang di sekitarnya karena telah menghisap asap dari rokok tersebut, terutama bagi bayi dan anak-anak.

Bagi perokok aktif yang memutuskan berhenti merokok juga akan mendapatkan manfaat pada tubuhnya, di antaranya akan terlihat lebih muda, terhindar dari stres, dan terhindar dari penyakit berbahaya. Bagi seseorang yang ingin berhenti merokok, tipsnya adalah harus diberi dukungan lebih dari pihak keluarga atau orang-oran terdekatnya, dan harus selalu tersedia cemilan sebagai pengganti rokok.

  1. Berjemur Di Bawah Matahari Pagi

Tips Gaya Hidup Sehat berjemur

Sinar matahari pagi dapat menghasilkan vitamin D yang sangat bagus untuk kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung, dan mencegah berbagai macam penyakit kanker. Berjemur di bawah terik matahari pagi merupakan kegiatan paling mudah dilakukan oleh siapapun, karena dapat dilakukan hanya dengan duduk di bawah sinar matahari setiap paginya. Jika tidak ada waktu untuk bersantai dalam berjemur, Anda bisa melakukannya sambil bekerja. Hadapkan tempat duduk Anda dengan jendela, agar dapat sinar matahari dapat masuk ke ruangan tempat Anda bekerja.

  1. Istirahat Teratur

Tips Gaya Hidup Sehat
Tips Gaya Hidup Sehat

Setelah seharian bekerja, tubuh akan merasa lelah dan butuh untuk diistirahatkan dengan cara tidur. Jangka waktu tidur setiap orang bermacam-macam, tergantung kebutuhannya. Waktu normal dalam tidur berlangsung selama delapan jam sehari. Namun, kebanyakan orang sering mengeluhkan susahnya untuk tertidur. Menyebabkan orang-orang lebih memilih begadang dan mengurangi waktu tidurnya,  sehingga mengakibatkan rasa kantuk dan produktifitas terganggu.

  1. Menghindari Konsumsi Makanan Siap Saji

Tips Gaya Hidup Sehat kurangi makanan junk food

Makanan cepat saji merupakan makanan instan yang bisa didapatkan dengan membeli di restoran maupun di mini market. Biasanya makanan ini langsung dikonsumsi oleh orang-orang tanpa tahu cara pengolahannya. Makanan cepat saji cenderung tidak sehat untuk dikonsumsi, karena mengandung bahan-bahan pengawet yang berbahaya dan tidak ada kandungan nutrisinya. Ada baiknya seseorang mengutamakan memasak di rumah, meskipun sedikit repot, namun demi kebaikan tubuhnya sendiri.

Sudah cukup puas dengan tips gaya hidup sehat di atas? Atau ada yang baru berencana namun malas melakukannya? Nah, kunci terciptanya hidup sehat sebenarnya kembali lagi kepada pada setiap orangnya. Jika malas, maka hidup sehat tidak akan bisa dilakukan dan tidak akan memberi efek yang diinginkan.

Leave a Comment