Daftar 5 Wanita Berpengaruh Di Dunia, Salah satunya Dari Indonesia. WoW!

Wanita Berpengaruh Di Dunia – Di era globalisasi ini, terkadang masih banyak orang dahulu yang beranggapan perihal perempuan yang kehidupannya hanya seputar dapur, sumur, dan kasur. Berbeda dengan laki-laki yang lebih bebas dalam beraktivitas. Namun, seiring berjalannya waktu, perempuan-perempuan itu dapat menunjukkan sisi lain untuk menepis anggapan dari tetuahnya.

Mereka berhak mendapatkan hak dan melakukan aktivitas yang sama dengan apa yang lakukan oleh kaum laki-laki. Seperti dalam bidang pendidikan, pekerjaan, kepemimpinan, jabatan, dan lain sebagainya. Hal itu bisa dikatakan sebagai kesetaraan gender. Meskipun ada beberapa hal yang dapat menjadi pembeda. Perempuan boleh menggunakan hak kesetaraannya ketika berada di luar rumah, sedangkan jika sudah kembali ke dalam rumah, ia harus menjadi pribadi yang seharusnya.

Kesetaraan gender telah dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang telah diperoleh kaum perempuan di dunia. Bahkan mereka dijadikan inspirasi, terutama bagi kaum Muslimah. Berikut merupakan perempuan-perempuan Muslim yang menginspirasi di dunia:

  1. Dian Pelangi
Wanita Berpengaruh Di Dunia
Wanita Berpengaruh Di Dunia

Perempuan kelahiran 14 Januari 1991 di Palembang, yang mempunyai nama lengkap Dian Wahyu Utami ini dianggap telah memberi pengaruh besar bagi dunia fesyen busana Muslim di dunia. Hal itu terbukti saat didirikannya brand busana Dian Pelangi Fashion, yang dipimpin oleh dirinya sendiri. Pada tahun 2009, ia bergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Masih di tahun yang sama, ia juga mengikuti fashion show di Melbourne, Australia. Prestasinya bertambah ketika namanya berhasil masuk dalam daftar 500 tokoh paling berpengaruh versi The Business of Fashion (BOF), bersanding dengan Amal Clooney, David Beckham, Alexander Wang, dan Donatella Versace.

  1. Ibtihaj Muhammad

Wanita Berpengaruh Di Dunia

Mungkin namanya masih terasa asing di telinga masyarakat Indonesia, namun perempuan yang lahir pada 4 Desember 1985 ini merupakan atlet Muslim pertama di Amerika. Namanya kian melambung setelah ia berhasil lolos masuk dalam tim anggar Amerika. Ia menjadi sangat terkenal, setelah berhasi lolos sebagai atlet olimpiade. Ibtihaj merupakan satu-satunya atlet olimpiade yang mengenakan hijab. Pada pertandingan olimpiade musim panas 2016 lalu, ia telah berhasil meraih medali perunggu. Ia juga dianggap sebagai tokoh yang gigih dalam memperjuangkan hijabnya di tengah-tengah masyarakat mayoritas non Muslim.

  1. Heera Hashmi
Wanita Berpengaruh Di Dunia
Wanita Berpengaruh Di Dunia

Perempuan yang kini tengah menempuh pendidikan bidang Molecular Biology and Linguistics di University of Colorado ini sangat tertarik untuk menangani Islamofobia melalui pendidikan. Berawal dari seorang temannya yang memberitahunya bahwa tidak semua Muslim adalah teroris, tapi semua teroris adalah Muslim.

Kemudian ia memutuskan untuk menguji gagasan tersebut menggunakan Google spreadsheets, dengan membuat 712 halaman yang memuat semua kutukan umat Muslim terhadap serangan teroris. Dalam waktu 24 jam, tweetnya telah diretweet sebanyak 15.000 kali. Beberapa followers juga mengajukan diri untuk membantu mengubah menjadi situs interaktif, dan sepekan kemudian telah tercipta muslimcondemn.com yang terus berkembang pesat.

  1. Nura Afia

Wanita Berpengaruh Di Dunia

Perempuan yang lahir di Colorado, Amerika ini merupakan blogger kecantikan yang mengenakan hijab. Awalnya ia menonton video kecantikan, setelah itu ia mulai terinspirasi untuk membuatnya sendiri dan mengunggah ke situs youtubenya. Sehingga pada 2016 lalu, ia dipilih sebagai brand ambassador dari produsen produk kencantikan bergengsi di dunia. Sebagai bagian dari kampanye keberagaman latar belakang dari berbagai model melalui make up.

  1. Ilhan Omar
Wanita Berpengaruh Di Dunia
Wanita Berpengaruh Di Dunia

Politika yang lahir pada tahun 1982 di Somalia ini, merupakan perempuan Muslim pertama yang terpilih sebagai anggota Partai Buruh Democratic Minnesota House of Prepresentatives, dan menjadi legislator Muslim Somalia-Amerika pertama untuk jabatan di Amerika Serikat. Ia juga merupakan direktur dari kebijakan dan inisiatif Jaringan dan Pengorganisasian Perempuan.

Beberapa nama perempuan Muslim di atas sangat menginspirasi siapapun di dunia, termasuk perempuan di Indonesia. Mereka memiliki cara untuk berkarya dan meraih prestasi di bidangnya masing-masing yang mungkin sangat sulit, apalagi banyak dari mereka yang hidup di negara minoritas Muslim. Mereka berhasil melalui tantangan itu, hingga menjadi sesuatu yang berharga dan membanggakan di mata dunia.

Leave a Comment