bekerja atau berbisnis.jpg

Ketika Masih Muda Saya Harus Bekerja atau Berbisnis?

Bekerja atau Berbisnis – Usia muda merupakan usia yang masih sangat mudah bagi seseorang untuk belajar, mencari pengalaman dan menghabiskan jatah gagal. Di usia ini banyak sekali orang yang juga berlomba-lomba untuk membuat karya terbaiknya agar bisa dimanfaatkan untuk keperluan banyak orang.

Namun disisi lain banyak juga anak muda yang hari ini sedang bersantai-santai menikmati masa mudanya dengan hal-hal yang tidak produktif misalkan bermain game dari pagi hingga malam sampai pagi kembali. Hal yang seperti inilah yang seharusnya menjadi permasalahan serius karena melihat fenomena anak muda saat ini.

Fenomena Anak Muda

bekerja atau berbisnis
futuready.com

Ketika umur kita sudah beranjak 35 tahun keatas mungkin kita akan akan sering memberikan nasihat kepada anak-anak muda. Nasehat yang selalu disematkan adalah jika umur mereka masih muda hendaklah mereka menggunakan usia muda mereka untuk melakukan hal-hal produktif. Misalnya bekerja atau berbisnis atau membuat karya yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

Mungkin banyak anak muda yang sudah memikirkan hal tersebut. Namun usia muda tetaplah usia muda mereka mungkin masih belum memikirkan hal-hal yang dipikirkan oleh orang yang sudah berumur 35 tahun keatas. Maka dari itu mereka suka melakukan hal-hal yang kurang produktif misalkan.

Bermain-main

bekerja atau berbisnis.jpg
jarvis-store.com

Hal ini masih sering kita lihat bersama bahwa banyak sekali anak muda diluar sana yang masih suka bermain-main. Bermain tidaklah salah namun bermain hingga larut malam sampai pagi datang kembali merupakan hal yang tidak produktif.

Namun fakta dilapangan masih sering kita temui, misalkan saja di warnet, cafe ataupun tempat-tempat umum lainnya. Apabila saat ini kamu masih memiliki teman, saudara atau siapapun itu, marilah bersama-sama untuk selalu mengingatkan mereka. Mengingatkan jika usia muda haruslah digunakan untuk hal-hal produktif.

Buang-Buang Waktu

bekerja atau berbisnis
pixabay.com

Selain bermain-main banyak anak muda diluar sana juga membuang-buang waktu mereka untuk hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan. Misalkan saja pacaran, banyak sekali anak muda jaman sekarang yang masih berpacaran.

Apakah dengan berpacaran kamu bisa bertambah semangat dalam menunaikan solat? Mungkinkah dengan pacaran nilai ujian kamu bisa semakin bagus? Apakah dengan berpacaran penghasilan kamu bisa naik 10 kali lipat? Pertanyaan ini mungkin harus ditanyakan kepada anak muda yang masih berpacaran.

Saya tidak yakin apabila ada orang yang berpacaran solatnya wajibnya tambah khusyu, solat dhuhanya tambah rajin, tahajud makin kenceng, hafalan qurannya tambah banyak. Jika iya ada, maka saya yakin itu hanyalah tipuan iblis. Coba tonton video ini sejenak

Jika iya pacaran bisa membuat nilai ujian semakin bagus maka saya yakin dengan keyakinan saya nilai ujian itu hanya bagus sementara. Bagaimana mungkin nilai ujian akan terus bagus apabila hubungan kamu dengan pacarmu sedang ada masalah, kamu sering berantem dan lain sebagainya.

Orang yang seperti itu kan semangatnya karena pacaran aja yakk, kalo pacarnya lagi ngambek saya yakin tuh konsentrasi belajarnya keganggu. Kalau pacarnya ga ngehubungin seharian pasti tuh kepikiran terus, maka dari itu saya ga yakin apabila ada orang yang pacaran nilai ujiannya bagus terus sampai akhir.

Dan terakhir apabila dengan pacaran penghasilan anda bisa meningkat 10 kali lipat saya juga tidak yakin. Alasannya kenapa? karena pacaran aja buang-buang duit, misalkan saja jalan-jalan buang duit, liburan dengan pacar buang duit, nonton dengan pacar buang duit, dan lain sebagainya.

Maka dari itu saya tidak yakin apabila dengan pacaran penghasilan seseorang dapat meningkat 10 kali lipat. Apabila dengan menikah penghasilan seseorang meningkat 10 kali lipat, mungkin saya dapat mempercayai itu. Saya sendiri banyak melihat banyak orang setelah menikah bisnisnya melesat, penghasilannya milyaran dan lain sebagainya.

Merasa Tenang

bekerja atau berbisnis
pixabay.com

Merasa tenang merupakan sebuah penyakit berbahaya yang tidak banyak diketahui banyak orang. Pada umumnya penyakit merasa tenang dapat diderita oleh semua orang entah itu anak muda, pejabat, pebisnis ataupun pns. Namun ketika usia masih muda penyakit ini mudah sekali melekat.

Ketika seorang anak muda merasa tenang bahwa usianya masih muda maka ia cenderung akan bermalasan-malasan dalam menjalani hidup.

Ketika seorang anak muda merasa tenang bahwa usianya masih muda maka ia cenderung akan suka menunda-nunda pekerjaan.

Ketika seorang anak muda merasa tenang bahwa usianya masih muda saat itu pula ia akan mudah untuk terjerumus kepada hal-hal yang kurang bermanfaat.

Maka dari itu ketika ada anak muda yang bermalasan-malasan dalam menjalani hidup, suka berhura-hura. Jangan lelah dan jangan bosan untuk selalu mengingatkan mereka agar memanfaatkan usia muda untuk terus belajar dan berkarya.
Di usia muda kita dapat belajar lebih, di usia muda pula kita masih mempunyai tenaga yang ekstra untuk bekerja atau berbisnis dan di usia muda juga kita masih dapat berpetualang. Akan tetapi banyak anak muda diluar sana yang sampai saat ini bingung, Ketika Masih Muda Saya Harus Bekerja atau Berbisnis?

Bekerja atau Berbisnis?

bekerja atau berbisnis
digitaltrends.com

Usia muda merupakan usia produktif, ketika kamu memutuskan bekerja maka bekerjalah sekuat tenaga agar di usia mapan, kamu dapat menikmati hasil jerih payahmu. Ketika kamu memilih berbisnis, berbisnislah sepenuh hati agar bisnis yang kamu jalankan dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Jika kita melihat dimasyarakat banyak sekali anak muda yang masih terlihat bingung, bingung untuk memilih bekerja dulu atau berbisnis dulu. Saking bingungnya akhirnya mereka menganggur dan melakukan hal-hal yang kurang produktif.

Apabila kamu bingung untuk memilih bekerja atau berbisnis saya sarankan untuk mempertimbangkan hal berikut ini.

Bekerja atau Berbisnis Tergantung Pilihan

bekerja atau berbisnis
hafidhasanudin.wordpress.com

Setiap orang berhak memilih apakah kamu mau berbisnis atau bekerja. Jika kamu lebih memilih bekerja maka konsistenlah dalam bekerja apabila kamu memilih berbisnis maka bersabarlah dalam membangun bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini.

Sebenarnya tidak ada yang salah ketika kamu memilih bekerja ataupun berbisnis, yang salah yakni ketika kamu tidak memilih keduanya dan lebih enak menganggur dan menikmati harta kekayaan orang tua kamu. Dimana membuat kamu lemah dalam menjalani hidup ini.

Bekerja atau Berbisnis Tergantung Tujuan Hidup

BEKERJA ATAU berbisnis.jpg
linkedin.com

Saya yakin setiap orang mempunyai tujuan hidup dan setiap tujuan ada prosesnya. Apabila tujuan hidup kamu agar mendapatkan uang pensiun pada masanya nanti maka bekerja menjadi pns merupakan pilih yang tepat. Jika tujuan hidup kamu agar menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang banyak maka berbisnis merupakan pilih yang pas untuk kamu jalani.

Jika kamu bekerja maka carilah tempat kerja yang sesuai dengan hatimu agar dalam bekerja nantinya kamu bisa bekerja sepenuh hati dan tidak banyak ngeluh.

Tak ada salahnya juga kamu bekerja terlebih dahulu baru berbisnis dan tak ada salahnya juga kamu langsung membangun bisnis sejak usia muda karena membangun bisnis yang kuat tidak dapat dibangun satu ataupun 2 tahun saja.

Bekerja atau Berbisnis Tergantung Kondisi

bekerja atau berbisnis.jpg
digitaltrends.com

Apabila kondisi anda saat ini sedang membutuhkan uang maka tak ada salahnya anda memilih bekerja karena dengan bekerja anda akan mendapatkan uang yang pasti. Sedangkan ketika anda berbisnis anda belum tentu mendapatkan penghasilan.

Jika kondisi anda saat ini sedang susah namun mempunyai fasilitas seperti laptop dan internet maka tak ada salahnya anda untuk berbisnis. Dikarenakan berbisnis tidak membutuhkan modal banyak apalagi dijaman sekarang. Jika anda ingin berbisnis anda cukup bermodal laptop/hp dan juga internet sisanya anda harus berusaha.

Bekerja atau Berbisnis Tergantung Impian

BEKERJA ATAU Berbisnis
tstatic.net

Jika anda mempunyai impian membangun sebuah perusahaan dan memiliki 1000 orang karyawan dimana setiap karyawan anda diharuskan mengaji 1 juz setiap hari dan juga solat dhuha maka tak ada jalan lain yang harus anda tempuh selain menjadi seorang pebisnis.

Jika anda mempunyai impian menjadi Direktur sebuah perusahaan maka tak ada jalan lain selain anda harus bekerja dan meningkatkan performa anda dalam bekerja sehingga pada masanya nanti anda dapat menjadi seorang Direktur.

Leave a Comment