10 Cara Termudah Agar Haid Kembali Lancar dan Normal

Perempuan adalah makhluk yang diberi amanah berupa rahim sebagai tempat bersemayamnya calon bayi yang akan tumbuh menjadi seorang manusia dewasa. Rahim dengan segala keunikannya merupakan salah satu bukti begitu besarnya karunia ciptaan Allah Ta’ala. Salah satu proses yang berkaitan dengan rahim diantaranya adalah haid.

Menstruasi, haid, datang bulan, tamu bulanan, atau apapun sebutannya adalah suatu kondisi yang umumnya dirasakan oleh banyak perempuan. Secara medis haid dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang dialami perempuan dimana tubuh mengalami perubahan fisiologis akibat pengaruh hormon FSH-Estrogen dan LH-Progesteron yang terjadi secara berkala.

Haid biasanya pertama dirasakan oleh remaja putri usia 12-13 tahun. Biasanya berlangsung hingga umur 40an-50an. Ada pula yang mulai haid sejak masih memakai seragam putih merah usia 9-10 tahun tergantung fisiknya. Hal tersebut merupakan keadaan yang wajar dalam proses perkembangan reproduksi pada perempuan.

Siklus Haid Perempuan

cara agar haid lancar

 

Haid adalah suatu keadaan dimana seorang perempuan mengalami pendarahan dari vagina selama kira-kira 2-7 hari. Namun ada juga yang lebih dari itu. Hal ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan. Siklus haid perempuan dipengaruhi berbagai hal baik psikologis maupun hormon. Oleh karena itu, ada yang mengatakan bahwa haid adalah refleksi dari pikiran seorang perempuan.

Berbicara tentang siklus haid, tentunya berbeda-beda untuk tiap perempuan. Ada yang sesuai dengan jadwal haid pada umumnya, ada pula yang terlambat. Maka dari itu banyak yang mencari informasi tentang cara agar haid lancar.

Rata-rata siklus haid bagi wanita normal sekitar 28 hari, ada pula yang tidak sama. Terkadang ada yang tidak rutin satu kali dalam sebulan, bisa saja sekali dalam dua bulan atau bahkan tiga bulan. Haid yang terlambat atau tidak teratur ini tidak selalu mengindikasi bahwa perempuan tersebut hamil.

Hal ini berbeda bagi perempuan yang telah menikah, darah haid tidak akan keluar jika sel telur dibuahi oleh sperma atau terjadi kehamilan. Pada saat hamil, tubuh perempuan berhenti memproduksi sel telur sehingga tidak ada telur yang luruh menjadi haid. Selain memperhatikan siklus menstruasi untuk mengetahui cara agar haid lancar, perempuan pun perlu teliti memperhatikan warna darah haidnya.

Warna Darah Haid Mencerminkan Kondisi Kesehatan

cara agar haid lancar

Tanpa disadari, sebenarnya darah haid itu warnanya berbeda tergantung kondisi kesehatan. Hal ini jarang disadari perempuan karena beranggapan darah haid itu sama. Berikut ulasan tentang warna darah haid:

1. Merah Terang.

Jika darah haid yang y  keluar berwarna merah terang, maka itu menandakan bahwa tubuh dalam keadaan yang sehat. Darah di dinding rahim melebur dengan normal dan setelah haid masa haid habis, biasanya tidak ada darah yang tersisa di dalam rahim.

2. Merah Muda.

Jika saat haid warna darahnya merah muda, dalam ilmu kedokteran berarti tubuh sedang mengalami anemia atau kekurangan darah. Akan tetapi bagi perempuan yang telah menikah dan dalam masa subur keluar darah dari vagina berwarna merah muda, bisa jadi ini adalah pertanda sedang hamil. Sel telur yang telah dibuahi dan menempel di dinding rahim dapat mengakibatkan sedikit pendarahan.

3. Merah Tua.

Pada hari kedua dan ketiga haid, darah yang keluar biasanya cukup banyak dan tidak berhenti. Bahkan terkadang ada gumpalan merah tua yang keluar dalam waktu 2-3 hari di awal masa haid. Hal tersebut sebenarnya masih dapat dikatakan normal karena rahim sedang bekerja untuk mengeluarkan gumpalan tersebut.

Tapi jika hingga hari ke-4 dan seterusnya hal ini terus berlanjut , bisa jadi di dalam rahim tumbuh sebuah tumor. Segera periksakan ke dokter agar segera diketahui secara pasti. Jika ada gumpalan darah berwarna abu-abu, kemungkinan itu sedang mengalami keguguran.

4. Coklat Tua

Ketika darah haid berwarna coklat tua, maka harus lebih berhati-hati. Kemungkinan darah yang ada dalam rahim membeku karena peredaran darah yang berjalan ke arah rahim terlalu panjang. Namun tidak perlu khawatir, periksakan ke dokter dan mintalah resep untuk memperlancar peredaran darah.

Tapi jika warna darahnya berwarna kuning, kemungkinan ada infeksi pada bagian rahim dan tentu saja harus segera diobati. Banyak yang mencari pengetahuan tentang cara agar haid lancar dikarenakan mengalami beberapa gangguan haid.

Macam-macam Gangguan Haid

cara agar haid lancar

Saat mengalami masa haid, tubuh perempuan biasanya merasakan beberapa hal. Badan yang mulai merasa kurang nyaman, mudah lelah dan lemas. Pada beberapa perempuan, haid yang dialami mengalami gangguan. tersebut diantaranya nyeri haid, telat haid, keluarnya darah secara berlebihan selama siklus menstruasi dan perdarahan tidak teratur.

Selain itu ada pula yang mengalami sindrom pramenstruasi yakni gangguan fisik dan emosional yang terjadi sebelum timbulnya di setiap siklus haid pada perempuan.

Beberapa perempuan mengalami nyeri perut yang menyebabkan ketidaknyamanan. Hal ini muncul saat berada pada masa ovulasi dan dapat diatasi dengan melakuan beberapa latihan ringan.

Penyebab Haid Tidak Lancar

cara agar haid lancar

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan haid terlambat adalah rasa cemas, stres, depresi, kurang tidur, obat-obatan, aktivitas yang berat, menopause dan ovulasi tertunda.

Mengkonsumsi pil KB dan terapi hormonal juga menjadi salah satu penyebab ‘tamu bulanan’ terlambat datang. Faktor lainnya adalah karena makanan yang dikonsumsi. Kadang-kadang ibu menyusui pun mengalami haid yang tidak teratur karena faktor hormon.

Salah satu keluhan yang sering dialami perempuan adalah haid yang kurang lancar. Lalu bagaimana cara agar haid kembali lancar? Simak uraian berikut ini:

Cara Agar Haid Kembali Lancar

cara agar haid lancar

1. Menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat bukan hanya identik dengan makanan yang sehat serta olahraga. Namun juga perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang kurang baik seperti merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang. Makanan yang dikonsumsi, istirahat yang cukup juga sangat erat kaitannya dengan hormon dalam tubuh. Menjaga makanan yang dikonsumsi berarti menjaga kadar hormon dalam tubuh. Dengan begitu sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik, peredaran darah menjadi lancar dan haid pun bisa lancar.

2. Menggunakan pembalut herbal.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pembalut yang tersedia di pasaran pun kini ada yang mengandung herbal dan obat alami untuk mengatasi masalah kewanitaan termasuk haid yang tidak teratur.

3. Minum Jus wortel

Wortel terkenal akan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium dan iron dapat membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan termasuk hormon haid.

4. Manfaatkan daun pepaya.

Sebagian orang tidak suka karena rasanya yang pahit. Ternyata daun pepaya memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium.
Rebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air. Rebus hingga air tinggal satu gelas saja. Minum ramuan tersebut.

5. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Maka tentu tidak salah jika air kelapa muda dapat dijadikan sebagai cara melancarkan haid.

6. Kunyit

Kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja. Jamu tradisional banyak yang terbuat dari kunyit karena mengandung kurkumin yang berkhasiat sebagai obat. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk memperlancar haid.

7. Jahe

Kandungan pada jahe antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium dan zat besi. Jahe juga bermanfaat melancarkan haid secara alami. Minum air seduhan jahe dengan madu setiap hari untuk memperlancar haid Anda.

8. Asam Jawa

Asam Jawa bermanfaat untuk mengencerkan darah haid yang mengumpulkan. Selain dapat melancarkan haid, asam jawa juga dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

9. Cuka Apel

Cuka apel dapat digunakan agar haid lancar. Cuka apel ini dapat langsung diminum dengan cara diseduh atau dicampur dengan buah-buahan dan dijadikan sebagai saus salad..

10. Kacang-kacangan

Kacang – kacangan di dalamnya banyak terkandung lemak baik dan omega 3 yang juga dapat membantu melancarkan haid.

Demikianlah uraian mengenai haid dan cara agar haid lancar kembali. Jika haid masih belum lancar setelah melakukan cara di atas, maka perlu pemeriksaan lebih lanjut. Sepatutnya kita senantiasa berupaya menjaga kesehatan agar dapat melakukan aktivitas yang berguna dalam kehidupan.

Terimakasih telah membaca, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna dalam keseharian. Jangan lupa share untuk berbagi informasi dengan yang lainnya! Jika ada kritik saran ataupun tema yang ingin dibahas, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Leave a Comment