contoh cerpen singkat tentang persahabatan

Cerpen Singkat Tentang Persahabatan Cinta Sejati [ UpToDate]

cerpen singkat tentang persahabatan – Memiliki teman 1000 akan terasa kurang dan memiliki 1 musuh terasa banyak. Maka dari itu jalinlah persahabatan dengan siapapun dan dimanapun kita berada. Menemukan sahabat tidaklah mudah apalagi menemukan sahabat sholeh yang selalu mengingatkan dalam kebaikan.

Sahabat akan senantiasa hadir disaat anda dalam posisi duka atau sedih ketika banyak teman yang memilih untuk pergi disaat susah. Dialah orang yang senantiasa menemani suka ataupun duka. Berikut ini adalah kumpulan cerpen pendek tentang persahabatan yang semoga anda dapat mengambil pelajaran positif dari sini.

Cerpen Singkat Tentang Persahabatan

cerpen singkat tentang persahabatan
cerpen singkat tentang persahabatan

Judul: Keajaiban Hujan
Karya : Fitri Indahnyani

Sulit bagiku untuk percaya, kalau kamulah orang yang saat ini ada disisiku. Ingin rasanya kupejamkan mataku dan sejenak melupakan perjalanan kita hampir dua tahun ini.

Jika seorang sahabat tak terbatas pada kebersamaan, tak ternilai dari seberapa lama saling menukar cerita dan tak terlepas dari kesetiaan yang terlihat dimata. Kau, sahabatku. Kuberani mengatakan kalau kamu sahabatku, Ran.

Sahabat itu bukan orang yang selalu bersama setiap saat, bukan!! Tapi orang yang bisa menerima kekurangan.
Kau ingat, Ran. Lima hari lalu saat kau membalas pesan singkatku dengan ungkapan tulusmu. Kaupun tak tahukan, ungkapanmu tentang persahabatan itu memecahkan butiran airmata kebahagiaan. Bagaimana mungkin ungkapan terindah itu keluar dari mulutmu. Mulut seseorang yang pernah sangat jauh denganku.

Saat itu aku merasakan pecahan-pecahan kebekuan menenggelamkan kesedihanku. Kebekuan keakraban kita yang sempat sampai seperti orang yang tak pernah dekat. Aku hanya bisa merasakan kebahagiaan sederhana yang terlampir dihatimu. Kebahagiaan yang tak bisa kudapatkan dari oranglain. Teringat pula dalam hatiku, saat lima hari lalu setelah pulang sekolah.

Lanjutan Cerita

cerpen singkat tentang cinta persahabatan
cerpen singkat tentang cinta persahabatan

Fa, aku punya cerita tentang yang debat itu.

“Apa??”Sahutku penasaran.

Ada deh pokoknya. (kau gandeng tanganku menepi dari kerumunan)

Kau tahu, Ran. Bahagia itu saat kamu dan aku bisa saling melempar celoteh sederhana. Saat kita saling mengulur kepedulian satu sama lain. Apalagi saat itu kau pun mengerti aku sedang jatuh sebab lomba debat. Lebih dari itu kuungkapkan penyesalanku yang menyadari, kalau selama ini aku yang egois dan kamu yang selalu sabar.

Fa, kemarin lomba debatnya berantakkan. Si Oca diam aja dan jadi perhatian juri. Mereka menyesal kalau bukan kamu yang ikut debat. (Ungkapmu memelas)

“Emmm… Tenang aja Ran, aku ikhlas sekarang. Semoga besok semi finalnya mereka dilancarkan.”

“Ohhh ia, makasih banyak ya Ran selama ini kamu selalu sabar. Sejauh apapun kita dan bahkan aku yang sering menangisi kamu, sekalipun kamu nggak pernah bilang kalau aku orangnya berlebihan.” Sambungku.

Kan Fa, penilaian orang itu beda-beda. (kau tersenyum simpul)

“Maafin aku ya selama ini udah banyak salah sama kamu.”
(kau hanya senyum dan mempererat genggaman tanganmu)

Sampai akhirnya kita sampai Di Gerbang Sekolah.Tiba saat dimana kita pulang dengan berlainan arah.Kita melepaskan gandengan tangan kita, saling melempar senyum.Kau menyampaikan dengan senyum bahagia, “Hati-hati ya, Fa.”

Lanjutan Cerita

cerpen pendek tentang persahabatan
cerpen pendek tentang persahabatan

Hari ini tiba-tiba kamu menjadi malaikat kecil yang selalu melindungiku, Kawan … Lagi …
Cahaya terindah yang terbit di raut wajah kekhawatiranmu.Selalu membawa harapan sederhana untuk semangatku.Harapan yang selalu lahir setiap kamu merangkulku.

“Aduhh sakit!!”Aku meringis kesakitan.
(kamu langsung kaget dan beranjak menghampiriku)

“Kamu kenapa, Fa.”Kamu langsung menggapai lenganku.

“Kakiku sakit sekali Ran …” jawabku tersendat kesakitan.
Tanpa fikir panjang, kamu langsung menggendongku.

“Jangan Ran, aku berat.” Sahutku melarangmu.

“Ahh …” Kau hanya membawaku semakin cepat.

“Ran, berat …”

Kutahu Ran, berat badanku akan sangat membebani tubuhmu. Kamu yang kurus ditambah aku yang lebih tinggi darimu, jelas itu. Tapi kau tetap dengan sigapnya menggendongku dari tengah kolam renang menuju pinggir. Apalagi kamu yang tidak bisa berenang, dengan nekatnya menggendongku.

Dalam kegiatan sekolah seperti ini, seharusnya aku tidak membebanimu Ran. Tidak mengganggu kebahagiaanmu yang sedang belajar renang. Apalagi banyak teman sekolah kita yang semestinya dapat membantuku. Aku benar-benar jauh merasa lebih bahagia dari biasanya. Bagiku masalah-masalah kita selama ini hanya menguji kesabaran kita. Sekarang aku melihat arti kesetiaan sahabat yang sesungguhnya pada dirimu, kawan …

Lanjutan Cerita

Kumpulan cerpen singkat tentang persahabatan
Kumpulan cerpen singkat tentang persahabatan

Selepas aku meregangkan kakiku perlahan. Aku terdiam sejenak memandangimu yang asik berenang setelah menemaniku. Ya, berenang dengan memegang temboknya. Ingin sekali aku turun lagi ke kolam renang dan membawamu saat aku lincah berenang. Seperti satu jam yang lalu sebelum kamu ada. Dimana aku mengajari renang sahabat baruku.

Aku tak bisa Ran. Menggerakkan kakiku sedikit saja rasanya sukar. Walaupun masih nampak jelas luka lebam ditanganmu, bekas terhimpit saat mengangkatku ke pinggir kolam. Aku tetap tidak bisa berjuang sepertimu, untuk menciptakan kebahagiaan bila kita bisa berenang bersama. Aku hanya berharap bisa membalas luka lebammu dengan perjuanganku dilain waktu.

Tetesan airmata haruku berbaris di pipi pucatku.Damai rasanya setiap fikirku mendentumkan kenangan terindah bersamamu. Terutama masih hangat terlampir kebersamaan kita lima hari lalu. Bila setiap kesedihanku selalu menjadi permata persahabatan kita. Ahh, aku ikhlas selalu bersedih. Kuakhiri ratapanku dengan senyum syukur bersama kondisi kakiku yang mulai bisa digerakan.

“Fa, kalau cukup mendingan, cepat ganti baju. Nanti kamu kedinginan.”Tiba-tiba kamu mendekat.

“Emmm … Alhamdulillah. Aku duluan ya, kamu jaga diri ya Ran.” Sahutku sumeringah.

“Sipp … ehh nitip ikat rambutku Fa, suka bau kalau kebasahan hehee. ”Kau membalas dengan wajah tenangmu.

Aku langsung bergegas menuju ruang ganti. Langsung saja kucari sahabat baruku, dengan kaki terbata-bata. Selama hampir setengah jam ini tidak nampak batang hidungnya, setelah tadi kita berpisah di pelataran sekitar kolam renang. Bagaimana pun kunci lokernya dibawa oleh sahabatku itu, jadi aku tidak bisa mengambil barang bawaanku.

Lanjutan Cerita

contoh cerpen pendek tentang persahabatan
contoh cerpen pendek tentang persahabatan

Ku ketuk bergantian toilet yang ada di ruang ganti. Tidak ada sahutan suara ketiga sahabatku itu. Aku kebingungan, untungnya ada teman sekelasku yang akhirnya memberi info keberadaan mereka.“Mereka di toilet paling ujung Fa. ”Aku langsung menuju toilet ujung itu. Ternyata kudapati ketiganya sedang bersolek depan cermin tepat disampingnya.

Aku dan mereka saling melempar pertanyaan. Sampai akhirnya mereka memberikan kunci lokernya dan bergegas pergi. Aku mempersilahkan mereka pergi dengan dalih mudah menyusulnya. Meskipun saat tiba didalam toilet muncul sebaris kehawatiran akan kondisiku karena takut kakiku sakit lagi, sedangkan aku sedang sendiri di toilet. Namun, atas perlindungan Allah kakiku baik-baik saja.

Setelah selesai mengganti pakaian, aku langsung menuju kolam renang. Ya, untuk mengembalikan ikat rambutmu Ran. Untuk memastikan kalau kamu dalam keadaan baik dan berpamitan untuk bergegas pergi menyusul ketiga sahabatku itu.

Detik-detik terasa cepat lajunya kini Ran. Aku yang kini ada disisi ketiga sahabatku, masih menunggumu kembali. Kembali dari kolam renang, atau setidaknya nampak batang hidungmu di sekitarku.Karena hujan begitu deras, aku khawatir. Namun, berulangkali mataku menjelajah keberadaanmu, tak sekalipun kau nampak. Apalagi saat tadi aku ke ruang ganti, terlihat tasmu diatas lemari, sepertinya tidak membawa banyak bawaan.

Lanjutan Cerita

contoh cerpen singkat tentang persahabatan
contoh cerpen singkat tentang persahabatan

Sesaat setelah hujan reda, kau bergabung denganku dan semua siswa sekolah kita yang lainnya. “Fa, liat nih aku pakai jaket Si Ahmad. Soalnya aku nggak bawa baju ganti.”

“Lah, kamu ada-ada saja sihh.Kalau nggak ada jaket Si Ahmad nanti kamu sakit gimana.”

Kau hanya ketawa kecil. Setelah semua siswa berkumpul dan ada pengumuman untuk bergegas pulang.Ketiga sahabatku berjalan didepanku, seperti biasa kita semua saling melempar candaan. Aku yang sedang bergandengan tangan dengan Elsa, kau langsung menggandeng tangan Elsa. Kita bertiga bergandengan tangan, namun kau langsung berpindah posisi. Kau langsung bergandengan tangan denganku karena suatu urusan, Elsa melepaskan gandengannya.

Sepanjang perjalanan pulang kita bargandengan tangan. Kulihat ketiga sahabatku pun sedang bergandengan tangan. Ada rasa sedikit tak enak hati, takut menyakiti mereka. Tapi kucoba menenangkan hatiku, aku yakin mereka pun kan mengerti.

“Fa, pelan-pelan jalannya. Kepalaku pusing banget nih.” Kau merintih.

“Kamu sakit??Keningmu panas banget.”Ku raba keningmu.

“Tadi kan panas aku langsung renang, terus hujan deras.Jadi kepalaku pusing banget.”

“Emmm … pantesan nggak biasanya kamu jalan pelan.”Kusimpulkan senyum.

Jalan-jalan kita telusuri secara perlahan. Kau menceritakan kenangan-kenanganmu di tempat-tempat yang kita lalui. Kau ceritakan kenalan-kenalanmu yang kau temui tadi. Wajahmu berseri-seri menyimpulkan kebahagiaan. Sekalipun kau sakit, masih ada cahaya ketegaranmu, kawan …

Lanjutan Cerita

Kumpulan contoh cerpen singkat tentang persahabatan
contoh cerpen singkat tentang persahabatan

Tiba saat kita sampai Di Jalan Raya. Dimana kita tengah menunggu angkutan umum untuk pulang. Kita duduk bersebelahan, aku berharap kalau aku bisa mendapatkan hari seperti ini lagi. Ketika kita tidak hanya mengucapkan kasih sayang kita, tak hanya mengiklarkan janji kita, apalagi hanya mengaku-ngaku sebagai sahabat.Tapi ketika kita bisa saling yakin kalau kita itu benar-benar ada.

Keajaiban itu ada, Kawan. Saat aku dan kamu telah menjadi satu, kita tetap tau siapa yang ada untuk kita. Orang yang bisa memperjuangkan apapun yang terbaik untuk sahabatnya. Saat hujan air mata, aku tau selalu ada keajaiban harapan untuk tetap bahagia.Karena padanya kita merasakan kesejatian persahabatan.Tentang kesetiaan dalam perubahan.

 

Next:

cerpen persahabatan
cerpen tentang persahabatan
contoh cerpen persahabatan
cerpen persahabatan singkat
cerita tentang persahabatan
cerpen singkat persahabatan
cerpen tentang persahabatan di sekolah
cerpen persahabatan sejati
cerita persahabatan
cerpen persahabatan smp
kumpulan cerpen persahabatan
cerpen persahabatan dan cinta
cerpen persahabatan sedih
cerpen cinta dan persahabatan
contoh cerpen singkat persahabatan
contoh cerpen tentang persahabatan
cerpen singkat tentang persahabatan di sekolah
cerpen pengalaman pribadi persahabatan
cerpen tema persahabatan
contoh cerpen persahabatan dan unsur intrinsiknya
contoh cerpen persahabatan beserta strukturnya
cerpen sedih tentang persahabatan
cerpen tentang persahabatan sejati
cerita persahabatan di sekolah
contoh cerpen singkat tentang persahabatan
cerita fiksi pendek tentang persahabatan
cerpen singkat persahabatan smp
kisah persahabatan
cerita persahabatan sejati
contoh cerpen persahabatan singkat
cerpen indahnya persahabatan

Leave a Comment