5 Gerakan Olahraga Sederhana Yang Dapat Dilakukan Di Kantor

Semua manusia pasti menginginkan memiliki tubuh yang sehat dan bugar, ada beberapa cara untuk mewujudkan keinginan tersebut seperti makan makanan bergizi dan berolahraga. Di zaman modern ini hampir semua rakyat Indonesia khususnya yang tinggal di Pulau Jawa hampir tidak ada yang kekurangan makanan.

Tapi sayangnya tidak semua rakyat Indonesia memiliki kesempatan untuk berolahraga, sehingga muncul berbagai keluhan kesehatan. Salah satunya adalah para pekerja kantor, mereka tidak memiliki kesempatan berolahraga dikarenakan banyaknya pekerjaan dengan deadline yang super cepat sehingga waktunya habis di depan layar computer.

Hal ini diperburuk dengan ruangan kantor yang dilengkapi dengan kursi empuk dan ber AC yang menyebabkan mereka enggan untuk bergerak dan berkeringat. Jika kebiasaan terus berlanjut maka para pekerja kantor dapat terserang berbagai penyakit seperti Obesitas, serangan jantung, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut khairunnas merumuskan 5 olahraga simpel yang dapat dilakukan pekerja kantor tanpa perlu meninggalkan pekerjaannya.

  1. Menegakkan Punggung

Olahraga Simpel Untuk Pekerja Kantoran

Gerakan olahraga pertama adalah menegakkan punggung. Hal ini bisa kamu lakukan saat mengerjakan laporan di depan komputer maupun saat menulis. Pertama tegakkan punggung lalu angkat kedua lutut ke atas kursi perlahan biarkan sampai otot perut tidak bisa menahannya. Lakukan beberapa kali sampai anda merasa pegal atau mcukup. Latihan ini bertujuan untuk melatih otot perut sebagai pengganti gerakan Sit Up.

  1. Peregangan Kaki

Gerakan Olahraga Sederhana Untuk Pekerja Kantoran

Masih dengan posisi duduk di kursi, angkat kedua kaki, lalu naikkan kaki dari lantai hingga lutut menjadi lurus sempurna. Pertahankan posisi tersebut dan biarkan otot berkontraksi, turunkan saat kamu merasa capek atau tidak kuat dan lakukan kembali beberapa kali. Dengan gerakan yang cukup ditambah beban sepatu yang kamu pakai  pahamu bisa menjadi kencang. Dan yang lebih baik lagi tidak ada yang tahu apa yang kamu lakukan dibawah meja.

  1. Mainkan Jari Kaki

Mainkan Jari Kaki

Saat kamu sedang berdiri mengantri di mesin foto copy atau mengantri membuat kopi di kantor maka tidak ada salahnya jika kamu memainkan jari kakimu. Cukup dengan menggerakkan jari kaki ke atas dan kebawah dengan teratur sebanyak 30 kali dan tahanlah beberapa kali. Walaupun terlihat sederhana, jika gerakan ini dilakukan secara rutin kamu dapat memiliki betis yang rupawan.

  1. Berjalan Kaki

Gerakan Olahraga Simpel Untuk Pekerja Kantoran

Jika kamu bekerja di lantai 4 maka penulis sarankan jangan memakai fasilitas kantor di lantai tersebut. Cobalah sekali – kali gunakan berbagai fasilitas umum seperti toilet, kantin, mesin foto copy dan sebagainya di lantai atau divisi yang berbeda. Hal ini bertujuan agar kamu dapat berolahraga dengan berjalan kaki. Perlu diingat, lakukan hal ini hanya ketika kamu tidak terburu – buru dalam menggunakan fasilitas tersebut agar tidak menggangu kinerjamu di kantor.

  1. Aktif saat jam istirahat

Gerakan Olahraga Simpel Untuk Pekerja

            Setelah mengerjakan berbagai pekerjaan kantor yang super ribet kebanyakan pekerja akan memilih bermalas – malasan maupun tiduran saat jam istirahat. Hal itu memang wajar tapi jangan melakukannya secara berlebihan. Saat jam istirahat tiba istirahatlah sebentar sampai energimu pulih lalu cobalah untuk berjalan – jalan di berbagai tempat di sekitar kantor seperti taman, lobi, dan parkiran. Selain menjadi sehat jalan – jalan di sekitar kantor juga dapat mengembalikan moodmu setelah seharian bekerja, manfaat lainnya adalah kamu bakal memiliki banyak kenalan di kantor karena hobimu ini.

Leave a Comment