Pentingnya Memberikan Gizi Seimbang Pada Balita. Para Ibu Harus Baca!

Gizi seimbang pada balita – Hai bunda. Apa kabar si kecil? Pasti mulai tumbuh dan berkembang, dan pastinya juga tambah gemesin. Memiliki buah hati adalah keinginan sebagian besar pasangan suami istri. Anak merupakan anugerah dari tuhan yang dititipkan pada kita, oleh karena itu si kecil sudah sepantasnya mendapatkan yang terbaik.

Tahukah bunda? Pada usia dibawah 5 tahun, anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Selain itu, di usia tersebut anak sudah mulai membentuk pola pikirnya. Oleh karena itu sangat penting makan makanan yang bergizi seimbang baginya.

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Balita

Gizi Seimbang Pada Balita
Gizi Seimbang Pada Balita

Pada saat berusia 1-5 tahun, anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat. Pada masa tersebut fisik anak mulai tumbuh, aktivitas mulai banyak, baik berupa bermain maupun belajar. Tulang dan gigi pada balita juga mengalami masa pertumbuhan pada usia tersebut. Masa ini merupakan momen yang tepat untuk membentu anak anda memiliki tulang dan gigi yang kuat dan tidak mudah keropos nantinya. Oleh karena itu asupan gizi yang masuk harus cukup agar pertumbuhannya berjalan optimal.

Selain itu, anak juga sudah mulai belajar dari lingkungan sekitar, otaknya sudah mulai berpikir. Bahkan di usia 2 tahun perkembangan otak anak mencapai titik kritis yaitu sekitar 80%. Masa ini merupakan kesempatan besar bagi bunda untuk membantu proses kembang otaknya. Selain dengan bimbingan, juga dengan cara memberikan makanan bergizi seimbang bagi si kecil. Gizi seimbang yang bunda berikan akan membantu perkembangan otaknya agar menjadi generasi yang cerdas. Jika pada periode ini terlewat begitu saja tanpa penanganan yang tepat, maka kecerdasan anak akan terhambat.

Gizi Seimbang untuk Balita

Gizi Seimbang Pada Balita
Gizi Seimbang Pada Balita

Gizi Seimbang diperlukan disetiap usia, termasuk diusia balita. Gizi seimbang disini maksudnya asupan gizi yang masuk samadengan kandungan gizi yang dibutuhkan. Setiap usia memiliki kebutuhan gizi yang berbeda, karena aktivitas, pola pikir,pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya juga berbeda.

Pada saat anak memasuki usia balita, kandungan gizi yang dibutuhkannya lebih banyak daripada saat masih bayi. Karena diusia 1-5 tahun aktivitas yang dilakukannya meningkat, baik secara fisik maupun psikis. Pada usia tersebut anak sudah mengenal yang namanya bermain, tentu itu akan menambah kebutuhan energinya.

Makanan sehat yang bergizi seimbang sering kita sebut dengan empat sehat lima sempurna. Bergizi seimbang disini maksudnya karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh, bukan samarata antara karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin yang masuk kedalam tubuh. Karena kebutuhan tubuh akan karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin tidak sama. Berbeda usia pun kebutuhannya tidak sama.

Empat sehat lima sempurna yang kita kenal meliputi: nasi, lauk-pauk, sayur, buah, dan penyempurna berupa susu. Dari makanan empat sehat lima sempurna tersebut sudah mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral diantaranya kalium, kalsium, zat besi, kolin, yodium, magnesium, dan beberapa mineral lainnya.

Manfaat Makanan Bergizi Seimbang bagi Balita

Gizi Seimbang Pada Balita
Gizi Seimbang Pada Balita

Makanan bergizi seimbang memiliki banyak manfaat tubuh. Diantaranya membantu pertumbuhan balita agar tumbuh sehat. Selain membantu proses pertumbuhan, juga membantu proses perkembangan anak, termasuk perkembangan otak dan daya pikir anak. Anak-anak merupakan masa depan bangsa yang akan melanjutkan perjalanan nantinya.

Oleh karena itu kita harus mempersiapkan dan memberikan yang terbaik bagi mereka agar menjadi generasi cerdas untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin besar kebelakagnya. Balita masa kini akan menjadi penerus bangsa dimasa depan. Yuk, bunda! beri mereka makanan bergizi seimbang agar menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Leave a Comment