Resep dan Cara Membuat Jajanan Telur Gulung Yang Masih Hits Dijaman Now

Jajanan Telur Gulung – Di zaman yang serba canggih ini kita telah disuguhi teknologi yang dapat memudahkan komunikasi. Dari tempat yang jauh sekalipun dapat kita jangkau tanpa harus berkunjung ke lokasi secara langsung. Melalui internet kita dapat berhubungan dengan banyak orang. Tak jarang, seseorang bertemu dengan jodohnya lewat internet.

Jajanan Telur Gulung

Banyak orang yang hanya kenal melalui sosial media dapat menjalin hubungan persahabatan yang erat hingga hubungan kekasih sekalipun. Komunikasi yang begitu mudah dengan beragam aplikasi yang tersedia memanjakan seseorang yang mana dengan posisi tidur sekalipun dapat berinteraksi dengan dunia luar.

Kapanpun, dimanapun, dan dalam kondisi seperti apapun kita dapat menghubungi seseorang yang jauh dari tempat kita berada. Kecanggihan ini menjadikan jarak yang jauh menjadi dekat. Seperti hubungan yang dinamakan LDR (long dintance relationship). Yakni hubungan jarak jauh yang tidak memungkinkan dua sejoli bertatap muka secara langsung. Interaksi yang intensif antara dua orang atau lebih melalui internet ini juga dapat menimbulkan banyak sekali permasalahan yang ujung-ujungnya melukai salah satu pihak.

Termasuk hubungan yang harus berakhir sebelum bertemu di dunia nyata. Kenapa gitu ya? Karena semua rasa di hati telah dituangkan dalam tulisan dan di sampaikan melalui pesan internet. Seseorang bisa mengirimkan pesan kepada lawan jenis tanpa diketahui oleh pasangannya. Ini yang dinamakan kekasih gelap. Sadis ya, hehe. Nah, buat kamu yang sedang dalam proses move on dari mantan kekasih atau kisah indah di masa lalu, makanan satu ini bisa jadi pengganjal untuk mengobati rindumu. Penasaran? Yuk simak!

resep jajanan anak sate telur gulung

Di zaman ini pola hidup masyarakat cenderung konsumtif. Generasi zaman ini seringkali dijuluki dengan sebutan ‘generasi micin’. Banyak hal yang mungkin mendasari penamaan tersebut. Jika zaman dulu masyarakat enggan menggunakan micin atau MSG sebagai penyedap rasa, justru berkebalikan dengan zaman ini yang mana hampir semua masakan mengandung MSG.

Selain itu, masyarakat lebih suka dengan masakan-masakan yang mengandung MSG, alasannya beragam. Ada yang mengatakan ‘masakan tanpa MSG akan terasa hambar’. Itulah yang mungkin mendasari penamaan generasi masa kini sebagai generasi micin. Yakni generasi yang tidak bisa meninggalkan micin sebagai penyedap rasa dalam makanannya.

Ada satu makanan yang akan membuat kamu bernostalgia dengan masa lalumu. Menarik ingatanmu pada keceriaan, kepolosan, dan kesenangan masa lalu. Eits, jangan baper dulu guys. Ini lagi bahas makanan bukan mantan ya, hehehe. Makanan ini biasa disebut ‘Telur gulung’. Makanan yang biasa dijual di sekolah-sekolah saat kamu masih kecil.

resep sate telur gulung

Sedikit sulit untuk menemukan jajanan ini di zaman now. Karena persaingan bisnis yang membuat makanan luar negeri jauh lebih digandrungi daripada makanan tradisional. Alhasil membuat para penjualnya gulung tikar. Padahal, makanan ini lebih sehat tanpa ada kandungan pengawet tentunya, karena proses pembuatannya pun sangat sederhana.

Sebenarnya, sate telur gulung dapat menjadi usaha bisnis yang menjanjikan. Karena hanya dengan modal yang sedikit kamu sudah dapat menjalankan bisnis ini. Makanan ini banyak disukai oleh berbagai kalangan usia, mulai dari muda hingga tua. Asal dikemas dengan tampilan yang cantik, makanan satu ini dijamin bisa membuat masyarakat kabur dari makanan asing yang digandrungi sekarang.

Saat malahap makanan ini, seolah-olah kamu akan dibawa ke masa kecilmu, dimana dengan riangnya kamu berlari bersama teman-temanmu dan berantre untuk membeli makanan yang murah dan kamu sukai ini. Rela kepanasan dan menunggu sang penjual selesai dengan rutiniasnya menggoreng dan menggulung telur di atas panci penggorengan.

sate telur gulung jajanan sd

Kemudian menuangkan saos dan kecap diatas telur, lalu berteriak girang kepada temanmu, menyerukan bahwa ini makanan yang enak. Lalu membuatmu tersadar bahwa bahagia itu adalah hal yang sederhana yang dapat kita peroleh dari hal-hal yang sederhana pula. Makanan murah yang sukses bikin kamu kembali ke masa lalumu ini masih dapat kamu jumpai di pasar-pasar tradisional yang mana banyak menjual makanan kuno.

Atau mungkin kamu berniat untuk membuatnya sendiri di rumah bersama ibu atau orang-orang terkasihmu. Tunjukan pada mereka bahwa makanan masa kecilmu ini masih layak dinikmati di era digital ini. Atau mungkin kamu dapat membawanya hang out berasama teman-teman sebayamu. Bernostalgia bersama mereka dengan memutar musik kuno dan kembali mengenang keseruan di masa kecilmu.

Ingin membuatnya sendiri tapi nggak tau resepnya, gimana dong? Jangan khawatir guys, aku akan membagikan tutorial pembuatan sate telur gulung lezat tanpa gosong yang akan membuat hidungmu menari saat telur gulung pertama kali diangkat dari atas penggorengan. Kamu pun bisa mengkreasikannya dengan menambahkan berbagai toping yang kamu suka. Yuk kita mulai!

Bahan-bahan :

bahan bahan sate telur gulung

2 butir telur ayam

  1. 50 ml air
  2. ¼ sdt garam
  3. ¼ sdt merica bubuk
  4. Minyak goreng secukupnya
  5. Tusuk sate
  6. Saos tomat/cabe (sesuai selera, bisa menggunakan sambal balado atau BBQ)
  7. Mayonise
  8. keju

Cara Memasak

cara membuat sate telur gulung

  • Panaskan minyak goreng terlebih dahulu.
  • Kocok telur hingga berbusa.
  • Masukkan air ke dalam telur, tambahkan garam dan merica bubuk ke dalam telur yang sudah di kocok.
  • Masukkan 2 sendok makan telur ke dalam minyak. Di tahapan ini jangan sampe kamu nggak fokus apalagi ngelamunin mantan yang udah nyakitin hati. Kan nyesek kalo sampe masakan gosong cuman gara-gara mikirin mantan. Masa lalu hilang, masakan pun gagal, kan kamu sendiri juga yang bakalan rugi, hehe.
  • Gulung telur di dalam minyak sebelum telur matang. Jadi emang harus hati-hati ya guys. Telur yang udah matang tidak akan dapat digulung karena bagiannya tidak dapat melekat dengan tusuk sate. Lagi-lagi kamu harus fokus!
  • Angkat dan tiriskan telur yang telah berwarna kuning keemasan. Sajikan diatas piring, tuangkan saos, kecap, dan mayonise diatasnya. Taburi parutan keju atau wijen sesuai dengan selera. Hidangkan dan nikmati bersama dengan orang-orang kesayanganmu.

Nah, gimana guys? mudah kan? Makanan sederhana ini bisa jadi makanan mewah nan lezat dengan hiasan toping mewah diatasnya. Tentu saja dengan biaya murah dan tidak menguras isi dompet. Tidak kalah dengan makanan yang kamu temui di restoran-restoran asing. Makanan ini bisa jadi sajian dalam acara-acara kekeluargaan yang akan menambah suasana kehangatan dan mencairkan suasana.

Kamu pun dapat menikmati jajanan ini dengan ayah dan ibumu, mengenang masa kecilmu dan menyuapi mereka dengan masakan yang telah kamu buat sendiri. Tentu saja hal ini dapat menambah rasa sayang mereka kepadamu. Apalagi buat kamu yang jarang menghabiskan waktu bersama mereka. Ini bisa jadi kado termanis untuk mereka. Perut kenyang dan rindu pun terobati. Selamat mencoba.

Leave a Comment