hartam haram muamalah kontemporer

Ringkasan Kajian IIBF Cilacap “Harta Haram Muamalah Kontemporer”

Kajian IIBF Cilacap РSetiap hari senin komunitas Islamic Indonesian Bussiness Forum (IIBF) mengadakah kajian rutin mengenai harta haram muamalah kontemporer yang biasanya di adakan di Olivin Aluminium Cilacap. Kemaren Senin, 1 Mei 2017 materi dibawakan oleh : Ustadz Teguh Waluyo.

Dampak Harta Haram Terhadap Pribadi dan Umat

hartam haram muamalah kontemporer

Poin-poin yang disampaikan dalam kajian semalam adalah sebagai berikut:

1. Memakan harta haram adalah perbuatan mendurhakai Alloh dan mengikuti langkah setan.
Alloh berfirman:

“Hai sekalian manusia, *makanlah yang halal* lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”_ (QS. Al-Baqoroh: 168)

Mendurhakai Alloh (berbuat dosa) merusak diri setiap insan, merusak jasmani, rohani, dan akal pikiran.

2. Memakan harta yang haram membuat tubuh tidak bergairah melakukan amal-amal sholih.

3. Memakan harta haram adalah ciri khas kelompok mayoritas Yahudi yang diabadikan Alloh dalam firman-Nya:
_”Dan kamu akan melihat kebanyakan dari mereka (orang-orang Yahudi) bersegera berbuat dosa, permusuhan, dan *memakan yang haram*. Sesungguhnya amat buruk apa yang mereka telah kerjakan itu.”_ (QS. Al-Maidah: 62)

4. Pemakan harta haram diancam masuk neraka, sesuai dengan hadits Nabi _Shollallohu ‘Alaihi Wasallam_ :
_”Wahai Ka’ab bin Ujrah, sesungguhnya tidaklah tumbuh setiap daging yang diberi asupan makanan yang haram melainkan nerakalah yang berhak membakarnya.”_ (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

5. Pemakan harta haram doanya tidak dikabulkan Alloh _Azza wa Jalla_.
Rosululloh _Shollallohu ‘Alaihi Wasallam_ bersabda:

“Wahai manusia, sesungguhnya Alloh Maha Baik, tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Alloh memerintahkan orang-orang yang beriman apa yang Ia perintahkan kepada para Rosul. Alloh berfirman, “Hai Rosul-Rosul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang sholih.” (QS. Al-Mu’minun: 51)

Alloh Ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu.” (QS. Al-Baqoroh: 172). Kemudian beliau menyebutkan seorang lelaki yang mengadakan perjalanan jauh, berambut kusut dan berdebu, menadahkan tangannya ke langit “Yaa Robb Yaa Robb” padahal makanannya berasal dari yang haram, minumannya berasal dari yang haram, pakaiannya berasal dari yang haram dan makan dari yang haram, maka bagaimana doanya akan dikabulkan.”_ (HR. Muslim)

6. Harta haram adalah penyebab kehinaan, kemunduran serta kenistaan umat Islam saat ini.
Rosululloh _Shollallohu ‘Alaihi Wasallam_ bersabda:

“Bila kalian melakukan transaksi ribawi, tunduk dengan harta kekayaan (hewan ternak), mengagungkan tanaman, dan meninggalkan jihad, niscaya Alloh timpakan kepada kalian kehinaan yang tidak akan dijauhkan dari kalian hingga kalian kembali kepada syariat Alloh (dalam seluruh aspek kehidupan kalian).”_ (HR. Abu Daud)

7. Harta haram yang merajalela pertanda azab akan turun menghancurkan masyarakat dimana harta haram tersebut berada.
Rosul _Shollallohu ‘Alaihi Wasallam_ bersabda:
_”Apabila perzinahan dan *riba* merajalela di sebuah kampung, sungguh mereka telah mengundang azab untuk menimpa mereka.”_ (HR. Al-Hakim)

*Solusi*
Khalifah Umar bin Khatrab pernah mengambil kebijakan preventif dengan melarang para pedagang yang tidak mengerti fikih muamalah untuk melakukan transaksi jual beli di pasar. Bagi pedagang yang belum mengerti, Umar menyuruhnya mempelajari fikih muamalah terlebih dahulu, baru kemudian terjun ke pasar.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa kita harus mendidik diri kita sendiri serta orang lain untuk mempelajari fikih muamalah. Caranya dengan menghadiri majelis-majelis ilmu yang membahas fikih muamalah serta membaca buku-buku yang berkaitan dengannya. Kemudian sebarkan ilmu yang kita miliki dan ajak juga orang lain untuk mempelajarinya.

Leave a Comment