5 Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat

Manusia lahir tentunya dikaruniai oleh Allah Ta’ala sebuah kesucian, kenikmatan berupa badan yang sehat dan lahir ditengah keluarga yang telah dipercaya mampu untuk menjaga dan merawat kita. Baik merawat secara jasmani, rohani maupun emosi. Dan rasanya tidak afdol apabila dikemudian hari lantas kita tidak bisa menjaga amanah tersebut dengan baik.

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat

Berbicara tentang kesehatan, arti kesehatan sendiri adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Yang secara tidak langsung akan sangat berpengaruh pada keadaan sosial kita. Banyak yang mengartikan bahwa kesehatan merupakan kekayaan.

Dimana bahwa sehat memang mudah didapatkan tapi kadangkala sulit untuk dipertahankan. Dewasa ini banyak sekali faktor yang menjadi pemicu kesehatan manusia. Entah dari faktor alam maupun pola dan kebiasaan manusia itu sendiri. Tidak jarang kebanyakan dari mereka juga lantas meninggal hanya karena tidak mampu menjaga kesehatannya. Kesehatan yang dimaksud disini bukan hanya sehat secara jasmani namun juga secara emosional.

Tanpa disadari kadangkala kesehatan juga datang dari kebiasaan – kebiasaan yang dilakukan oleh manusia, seperti beberapa kebiasaan berikut ini :

  1. Banyak mengoperasikan media teknologi ( TV, Gadget, atau Laptop )

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat

Meski bisa dibilang sebagai kegiatan bersantai, terlalu sering menonton TV atau main laptop menyimpan begitu banyak pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Kelamaan menonton televisi atau menggunakan gadget telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru.

Selain itu, terlalu lama menonton TV dan main gadget tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik dapat menurunkan kemampuan kognitif otak. Hal ini terbukti, tes kognitif bahwa orang yang rata-rata menonton TV lebih dari 3 jam per hari selama 25 tahun tampil buruk dalam tes tersebut dibandingkan dengan orang yang tidak banyak menonton TV.

  1. Makan Tidak Teratur

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat

Dalam pandangan Islam makan disaat kita tidak lapar dan tidak  berhenti makan ketika sudah kenyang merupakan sebuah larangan yang memang sebaiknya dihindari. Kebiasaan seperti itu justru sangat buruk bagi organ pencernaan kita. Mereka bekerja terlalu kuat sehingga tidak pada porsinya. Biasanya penyakit yang menyerang dikarenakan kibiasaan ini adalah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Seperti lambung , maag , dan lain sebagainya.

  1. Terlalu Lama Duduk

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat

Sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang negatif bagi kita. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Sejatinya semua memang baik apabila pada porsinya. Manusia diberi tenaga dan kekuatan untuk melakukan aktifitas yang sewajarnya. Bukan merasa kuat apalagi sampai memaksakan dan berdampak pada kesehatannya. Penyakit yang muncul akibat kebiasaan ini adalah Gangguan pada Ginjal dan membuat punggung terasa sakit.

  1. Tidak Mampu Mengendalikan Amarah

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat

Jangankan dihubungkan dengan kesehatan, di logika saja sebenarnya amarah itu tidak perlu ada. Sulit mengendalikan amarah biasanya dapat memicu adanya darah tinggi, dan stroke.

  1. Penyakit Hati

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat

Diantara penyakit – penyakit yang lain kebiasaan atas pemicu penyakit yang ke lima ini justru sangat berbahaya dikarenakan hampir semua manusia memilikinya dan sulit untuk dihilangkan. Beberapa penyakit hati seperti iri, dengki, sombong dll akan sangat mudah memicu timbulnya penyakit dalam organ tubuh kita.

Maka memang sejatinya kita ketahui bahwa semakin hari semakin tumbuh dan pesatnya kecanggihan teknologi termasuk dalam dunia medis dan kedokteran. Namun mereka juga manusia biasa yang hanya dijadikan Allah sebagai perantara untuk membantu kita. Setidaknya mencegah lebih baik dari mengobati. Menjaga lebih baik dari menanggulangi. Sebaik – baiknya pencegahan penyakit yaitu memperbaiki pola piker, pola makan dan pola hidup yang baik dan berkualitas.

Leave a Comment