5 Hal Ini Cukup Untuk Menjadi Alasan Kenapa Setiap Muslim Harus Menikah

Kenapa Harus Menikah – Anda seorang muslim, tetapi takut menikah? Coba simak baik-baik tulisan ini hingga selesai. Anda akan menemukan alasan kenapa Anda harus menikah. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk tidak menikah. Di antaranya mungkin pernah mengalami trauma atas penolakan. Tidak semua orang bisa dengan lapang dada menghadapi penolakan, apalagi jika semua orang di kampung sudah tahu. Berita pernikahan telah disebarluaskan, akan tetapi saat hari H malah dibatalkan. Tentu hal itu menyisakan luka yang mendalam.

kenapa harus menikah

Mungkin juga ada yang beranggapan dengan menikah kondisi keuangan akan berkurang, menjadi tidak stabil. “Membiayai diri sendiri saja susah apalagi nanti harus menafkahi anak istri.” Begitu pikirnya. Perasaan takut miskin setelah memiliki keluarga membuat orang enggan memutuskan untuk menikah.

Mungkin ada lagi yang berpikir setelah menikah tidak akan bisa mengejar karir. Biasanya bagi seorang wanita, hal ini kerap menghantui. Dalam hidup, tentu harus memiliki pencapaian-pencapaian yang he dak ingin diraih. Nah, bagi wanita yang sudah menikah kemudian memiliki anak mereka akan kehilangan fokusnya. Anak akan dianggap sebagai beban atau penghambat sang ibu meraih puncak karir.

Padahal tidak benar begitu. Tolong buang jauh-jauh pemikiran di atas. Apalagi bagi seorang muslim beragama, sebaiknya kita lihat dulu bagaimana tuntunan agama dalam menyikapi perikahan.

Alasan Kenapa Harus Menikah

kenapa harus menikah

Pernikahan sendiri adalah sebuah proses dalam hidup manusia yang cukup penting. Bila seseorang memutuskan menikah itu artinya telah ada perjanjian sakral antar dua orang yang mengikatkan hati dan seluruh jiwanya menjadi satu bagian. Mengikhlaskan apa yang dimiliki menjadi milik sebagian yang lain dengan kerelaan. Bahkan ikatan perjanjian itu juga berlaku untuk hamba terhadap Tuhannya.

Nah, supaya Anda tidak merasa takut lagi dalam memutuskan atau tidak. Berikut akan kami jelaskan kenapa Anda harus menikah.

1. Mematuhi Perintah Allah

anjuran Kenapa Harus Menikah

Godaan syahwat semakin ke sini semakin liar saja. Hidup di zaman digital yang apa-apa begitu mudah diakses membuat beberapa konten pornografi seringkali beterbaran. Belum lagi di dunia nyata para generasi mudanya yang ke mana-mana pada mengumbar aurat. Coba tengok saja pakaian apa yang sering Anda lihat ketika sedang pergi ke mall, ke kampus atau ke tempat kerja, kebanyakan–tidak semuanya–adalah pakaian yang kekurangan bahan. Beberapa bagian malah justru sengaja memperlihatkan aurat wanita. Astaghfirullah.

Kemudian Allah, Tuhan semesta alam yang Mahatahu, memerintahkan umat-Nya agar melangsungkan pernikahan. Ya, salah satunya agar pernikahan menjadi benteng diri agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan keji, hina dan kemaksiatan berlama-lama.

2. Mendapatkan Keturunan yang Saleh

dalil Kenapa Harus Menikah

“Jika manusia mati maka pahala amalnya terputus darinya, kecuali dari tiga perkara, yaitu dari sedekah yang terus mengalir manfaatnya, ilmu yang diamalkan, dan anak saleh yang mendoakannya.”(HR. Muslim, Abu Dawud, Timidzi, dan Nasa’i)

Hadist di atas memberikan penjelasan bahwa memiliki anak saleh merupakan hal baik tentang kepemilikan anak saleh. Nah, jalan agar bisa mendapatkannya tentu saja dengan cara pernikahan. Seorang anam yang saleh hanya akan diperoleh atau dihasilkan dari cara-cara yang baik pula. Kepribadian anak adalah hasil jerih payah dari kedua orangtuanya.

3. Meraih Ladang Pahala

alasan Kenapa Harus Menikah

Dengan menikah segala yang tadinya haram menjadi halal dilakukan. Yang tadinya tidak boleh, menjadi dianjurkan. Euh, betapa pernikahan adalah jalan baik yang menjadi solusi atas dua pasang manusia yang sedang dirundung cinta. Pernahkah Anda merasa rugi kalau waktu di dunia yang hanya ‘sekedipan mata’ ini tidak dapat dipergunakan dengan maksimal? Betapa hari-hari yang terlewat hanya itu-itu saja. Kenapa Harus Menikah?

Tidak perlu khawatir, karena dengan menikah akan banyak sekali ladang pahala yang bisa diraih. Misalnya, selepas Subuh sang suami membacakan terjemahan Al Quran untuk istri, sedangkan sang istri membantu menyimak hafalan suami secara bergantian. Tidak hanya itu, setelah menikah, saat salah seorang pasangan memberi perhatian kepada yang lainnya, tersenyum, bersikap ramah, maka itu juga akan dinilai ibadah. 24 jam insya Allah akan menjadi ladang pahala.

4. Menjemput Rejeki yang Besar

hukum Kenapa Harus Menikah

Tidak benar bahwa dengan menikah, penghasilan akan berkurang. Yang ada justru semakin bertambah. Tidak percaya? Mari kita simak kutipan Surat An-Nur ayat 32 berikut.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang yang patut menikah dari hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui.”

Ini yang bilang Allah sendiri, bukan saya. Masak iya sih, Allah akan ingkar janji. Dan salah satu rejeki yang paling besar ini adalah jodoh. Jodoh adalah rejeki. Rejeki adalah jodoh.

5. Menggenapi Separuh Agama

Kenapa Harus Menikah

Dengan menikah, Anda akan memiliki tim yang siap mendukung. Jika sebelumnya saat Anda perlu dukungan, tetapi tak kunjung mendapatkan, maka setelah menikah hal ini tidak akan terjadi lagi. Setiap pasangan akan memiliki keterikatan untuk saling suport. Terlebih lagi jika memiliki visi dan misi yang sama. Ini akan menjadi pergerakan yang cepat.

Dan belum dikatakan seseorang itu sempurna imannya sebelum ia menikah. Jadi menikah adalah jalan untuk menggenapi agama Islam. Enggak mau kan bila nanti pas di akhirat tidak dianggap umatnya Nabi Muhammad lantaran enggan menikah.

Demikian 5 Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Menikah yang bisa kami bagikan. Pernikahan adalah prosesi suci. Hendaknya itu dilakukan ketika Anda memang sudah siap. Sekiranya sudah memiliki kemantapan hati baiknya pernikahan itu segera dilaksanakan.

Leave a Comment