Bunda, Ini Lho Beragam Jenis Makanan Anak Untuk Usia 1 Tahun

Makanan Anak Usia 1 Tahun – Tahukah bunda, setiap anak memiliki kepribadian dan tumbuh kembangnya masing-masing. Ada yang saat usia satu tahun bisa berbicara tetapi belum bisa berjalan, ada yang bisa berjalan namun belum bisa berbicara, ada juga yang sudah bisa keduanya. Tidak dapat dipungkiri, pola asuh dan makanan yang dikonsumsi juga ikut andil di dalamnya. Maka dari itu, tujuan artikel ini dibuat adalah untuk memberikan informasi kepada bunda agar lebih mengenal tumbuh kembang si kecil.

Perbedaan Bayi, Balita, dan Anak Usia Dini

Perbedaan Bayi, Balita, dan Anak Usia Dini
Makanan Anak Usia 1 Tahun

Dalam dunia anak, kita dituntut untuk mengetahui segalanya tentang mereka. Baik dari segi pertumbuhan fisik, perkembangan berbicara, berjalan, dan lain sebagainya. Pada bahasan ini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan bayi, batita, balita, dan anak usia dini.

Bayi adalah sebutan untuk anak usia 0 sampai 1 tahun ( Soetjiningsih tahun 2004) dan makhluk hidup yang baru saja dilahirkan dari Rahim ibu (Muchtar tahun 2002). Pada masa ini, mereka hanya memerlukan ASI yang cukup dari bunda, sebenarnya mereka tidak memerlukan asupan makanan lain pada usia ini, karena yang mereka butuhkan hanyalah ASI sebagai formula tumbuh kembang terbaik mereka. Maka dari itu, untuk memeroleh ASI yang berkualitas, bunda terlebih dahulu harus mengonsumsi makanan yang sehat, agar ASI yang keluar untuk bayi benar-benar sehat dan berkualitas untuk tumbuh kembangnya.

Balita, sesuai namanya adalah bayi yang memiliki usia di bawah 5 tahun. Balita sendiri terdiri atas dua golongan, yakni batita (1-3 tahun), dan balita/usia prasekolah (3-5 tahun). Pada masa ini, merupakan usia keemasan bagi bayi, yang mana dia sudah mulai belajar berjalan dan berbicara. Pada masa ini masih sangat memerlukan bimbingan dari orang tua.

Anak Usia Dini (AUD) menurut UU No.44 Tahun 2008 pasal 1 ayat 4 “anak adalah orang yang memiliki usia kurang dari 18 tahun.” Sedangkan menurut Depkes RI (2009) masa kanak-kanak adalah 5-11 tahun.

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Balita

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Balita
Makanan Anak Usia 1 Tahun

Tahukah bunda, bahwa anak-anak memiliki aturan dalam pola hidupnya agar mencapai tumbuh kembang yang optimal. Selain dengan memerhatikan lingkungan sekitar yang bersih, pola makan juga perlu diperhatikan agar anak bisa tumbuh sesuai dengan harapan bunda. Dalam materi selanjutnya, saya akan membahas tentang jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh balita.

Pada usia 12 hingga 24 bulan, anak masih memiliki tubuh yang sensitif dan rentan terhadap penyakit. Maka dari itu, makanan ini haruslah dihindari untuk dikonsumsi balita usia ini agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

  1. Susu rendah lemak

Pada usia ini, anak masih memerlukan asupan lemak dan kalori untuk membantu pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya. Namun, ada beberapa anak yang mengalami obesitas, sehingga dokter menyarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak untuk menyembuhkannya dari obesitas.

  1. Makanan dengan tekstur besar

Bayi pada usia ini memiliki mulut yang kecil dan pencernaan yang sangat halus serta sensitif. Maka, berikanlah makanan yang telah dipotong kecil-kecil terlebih dahulu sebelum diberikan kepada bayi untuk mencegah bayi tersedak.

  1. Makanan tekstur keras

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa bayi usia ini memiliki sistem pencernaan yang masih sangat sensitif. Maka berikanlah makanan dengan tekstur halus agar bayi terhindar dari gangguan pernapasan.

Makanan Anak Usia 1 Tahun
Makanan Anak Usia 1 Tahun

Saat bayi sudah berusia 2-3 tahun, jelas memiliki perbedaan dengan bayi yang masih berusia 12 hingga 24 bulan. Namun, perbedaan yang dimiliki tidaklah begitu spesifik. Berikut adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh anak berusia 2-3 tahun :

  • Makanan bertulang

Saat akan memberikan makanan berupa ayam maupun ikan, usahakan tulang dan durinya dibuang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi bayi. Hal ini dilakukan supaya bayi tidak tersedak dan akan mengganggu proses pencernaan makannya nanti jika sampai duri ikan masuk ke dalam tubuh bayi.

  • Biasakan bayi makan sambil duduk

Pada usia ini, anak sudah bisa berjalan ke sana kemari tanpa henti dan merupakan usia bayi yang sangat aktif. Maka bunda harus senantiasa mengingatkan anak agar makan dengan duduk tenang dan tidak melakukan aktivitas apapun agar anak terbiasa nantinya.

Usia 3-5 tahun merupakan usia anak yang sudah mandiri. Pada usia ini, anak bunda bebas menentukan makanan apa yang harus dia konsumsi. Namun, dalam hal ini bunda tetap dituntut untuk waspada, jangan biarkan anak memakan sembarang makanan yang bisa mengganggu kesehatannya. Beberapa anak bisa saja menunjukkan alergi terhadap makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, bunda harus tetap cermat dalam memerhatikan makanan yang dikonsumsi si kecil.

Jenis Makanan Yang Dibutuhkan Anak Usia 1 Tahun

Jenis Makanan Yang Dibutuhkan Anak Usia Satu Tahun
Makanan Anak Usia 1 Tahun

Pada materi ini, saya akan membahas lebih spesifik lagi terhadap anak. Yakni pada usia satu tahun. Usia ini merupakan usia yang memerlukan perhatian ekstra dari para bunda. Karena pada usia ini, anak masih sangat sensitif terhadap makanan. Satu tahun juga bisa dikatakan usia keemasan pertumbuhan bayi. Maka jangan sembarangan dalam memberikan makanan. Berikut akan saya berikan rekomendasi asupan makanan apa saja yang bisa bunda berikan untuk si kecil.

  • Nasi merah

Tahukah bunda, bahwa manfaat yang terkandung dalam beras merah lebih banyak dibandingkan dengan beras putih, diantaranya :

a. Vitamin B1, B6 serta B12. Vitamin B sangat bermanfaat bagi pertumbuhan si kecil karena dapat membantu pertumbuhan energi dalam tubuh anak.

b. Mineral yang terkandung dalam beras merah bermanfaat untuk membantu pertumbuhan otot, gigi, rambut, dan juga tulang buah hati.

c. Beras merah juga memiliki kandungan serat di dalamnya, sehingga dapat membantu dalam menjaga sistem pencernaan anak.

d. Zat tamin dalam beras merah dapat membantu perkembangan jaringan saraf dan jantung si kecil.

  • Ubi

Pasti bunda terkejut dengan makanan yang satu ini. Makanan ini selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, ternyata juga sangat baik jika diberikan kepada si kecil. Berikut manfaat ubi yang bunda harus tahu :

  1. Saat bayi dikenalkan dengan berbagai macam makanan, tidak menutup kemungkinan bahwa bayi akan terserang penyakit. Salah satunya adalah sembelit. Tahukan bunda, bahwa ubi termasuk salah satu makanan yang dapat menyembuhkan sembelit yang dialami bayi, karena ubi bisa membawa ketenangan dalam usus bayi.
  2. Dikarenakan bayi masih sangat rentan dengan berbagai macam penyakit, maka vitamin c sangat diperlukan bagi tubuhnya, karena vitamin c mengandung antioksidan yang dapat berfungsi sebagai penjaga kekebalan tubuh bayi. Maka dari itu, diperlukan ubi untuk bayi agar mendapatkan asupan vitamin c yang cukup.
  3. Jangan takut dengan kalori bunda. Karena sejatinya, bayi memerlukan asupan kalori untuk menambah tinggi dan berat badannya dengan cepat. Ubi memiliki kandungan kalori yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi berat badan bayi.
  4. Ayam

Makanan ini jelas tidak asing lagi bagi dunia kuliner. Beragam olahan ayam dapat kita jumpai dimanapun berada. Namun yang harus bunda ketahui, bahwa bayi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ayam karena beberapa manfaat :

Makanan Anak Usia 1 Tahun
Makanan Anak Usia 1 Tahun
  • 100 gram ayam mengandung 18,6 gram protein, yang terdapat selama proses memasak serta jumlahnya akan semakin meningkat. Protein sangat diperlukan bayi untuk membantu proses pertumbuhan ototnya.
  • Baik untuk tulang, karena di dalam 100 gram ayam terdapat 15 mg kalsium serta 182 mg fosf Keduanya sangat berperan dalam proses pembentukan otot.
  • Pada ayam terdapat zat gizi mikro seperti zinc dan magnesium, yang berfungsi sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh.

Leave a Comment