Bunda, Yukk Kenali Apa saja Makanan Bergizi Untuk Anak

Makanan Bergizi Untuk Anak – Menyajikan makanan bergizi seringkali membuat para bunda merasa bingung. Mereka juga terkadang merasa kawatir jika anak tercintanya ternyata kekurangan gizi, yang berdampak kepada Gizi Buruk. Terlebih lagi jika anak-anaknya enggan untuk makan pada hari itu, tentu saja hal ini membuat bunda merasa stress dan pusing.

Dalam artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai bagaimana cara agar anak mempunyai nafsu makan tinggi. Anda bisa mencari artikel tersebut di website ini. Namun pada kesempatan kali ini kami akan sedikit sharing seputar Makanan Bergizi Untuk Anak.

Pengertian Makanan Bergizi

Makanan Bergizi Untuk Anak

Makanan bergizi bagi anak bisa dikatakan juga sebagai makanan yang sehat, lantas makanan bergizi itu yang bagaiamana? Makanan bergizi adalah makanan yang di dalamnya mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral yang mana semua kandungan itu seimbang sesuai kebutuhan tubuh. Karena sesuatu yang berlebihan itu juga tidak diperkenankan.

Seimbang, yang dimaksud dengan seimbang itu sendiri adalah yang memenuhi empat sehat lima sempurna, apa saja empat sehat lima sempurna itu? Makanan yang terdiri dari Nasi, Sayur, Lauk, Buah dan Susu. Nah jika empat sehat lima sempurna itu sudah ada di makanan anak-anak, maka bisa dikatakan jika makananannya sudah bergizi bagi anak.

Tujuh Kelompok Bahan Pokok Makanan

Makanan Bergizi Untuk Anak 1 tahun

Bahan pokok makanan sendiri itu dibagi menjadi tujuh kelompok, apa saja itu?

  1. Yang pertama berasal dari susu yang banyak mengandung sumber makanan lengkap, ada karbohidrat; protein; lemak; mineral; terutama kalsium dan fosfor. Contohnya adalah susu, keju, yoghurt.
  2. Yang kedua daging contohnya ikan; unggas; telur; dan daging ternak.
  3. Yang ketiga adalah beras, ia sebagai sumber karbohidrat dan vitamin B. Contoh, padi; jagung, sagu, gandum.
  4. Yang keempat adalah minyak ia juga termasuk dalam sumber zat lemak dan vitamin A. contoh dalam kelompok minyak sendiri adalah margarin yang terbuat dari minyak tumbuhan seperti kelapa, minyak kelapa sawit, minyak dari biji kedelai.
  5. Yang kelima kelompok sayur-sayuran, ia mengandung vitamin A, zat besi, kalsium, dan mineral lainnya.
  6. Yang keenam adalah kelompok buah-buahan, ada buah-buahan yang berwarna dan ada juga buah-buahan yang berarir sebagai sumber vitamin A dan mineral
  7. Yang terakhir atau yang ketujuh adalah kelompok kacang-kacangan yang sebagai sumber protein nabati, vitamin A dan mineral. Contohnya adalah tahu, tempe, taoge, kecap dan susu kedelai.

Dari ketujuh kelompok makanan tersebut terkandung berbagai sumber vitamin dan mineral yang mana bisa memenuhi makanan bergizi untuk anak. Dan kabar baiknya adalah makanan itu bisa dijangkau ketika kondisi ekonomi tidaklah stabil. Sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak mengetahui makanan bergizi bagi anak itu seperti apa dan bagaimana, bukan?

Kriteria Makanan yang Baik

Makanan Bergizi dan sehat Untuk Anak

Banyak makanan yang terkadang tidak bermutu, lantas seperti apa makanan yang bermutu itu, apalagi ini soal anak-anak yang memakannya yang rentan sekali dengan namanya penyakit.

  • Bergizi tinggi

Lagi-lagi disinggung tentang yang namanya bergizi, bukan? Karena pertama tadi saya sudah menyinggung tentang makanan bergizi dan sperti apa makanan bergizi itu, rasanya tak pantas saya singgung lagi. Hanya mengingatkan bahwasanya makanan yang bermutu itu didalamnya yang pertama kali di prioritaskan adalah tentang yang namanya bergizi.

  • Higienis

Ups!… ini juga perlu, sangat perlu malah, ketika apa yang akan anda suapkan atau berikan kepada anak-anak anda perhatikan apakah apa yang akan anda berikan itu sudah higienis? Dalam kata lain sudah bersih, sudah jauh dengan yang namanya kuman. Terus, bagaimana mengetahui jika itu sudah higienis? Bagaiaman cara anda memperlakukan makanan itu, bagaimana cara anda mengelola, bagaimana cara anda membersihkan makanan itu dari yang namanya debu, karena tidak dapat dipungkiri debu itu berada dimana-mana.

  • Mudah dicerna

Memang terkadang makanan itu susah dicerna oleh tubuh manusia, terlebih ini yang sebagai objeknya adalah anak-anak. Pa stikan apa yang akan anda berikan kepada anak-anak anda itu kira-kira tubuhnya bisa menerima tidak? Jangan paksakan, missal anak anda yang usianya berkisar umur satu setengah tahun, tidak mungkin kan, jika anak anda akan anda kasih yang namanya apel?

  • Cukup kalori
  • Berasal dari berbagai jenis bahan makanan

Tadi diatas juga sudah saya jelaskan mengenai jenis bahan makanan, itu bisa menjadi referensi bagi ibu-ibu untuk membuat makanan dari berbagai jenis bahan itu.

  • Warna, rasa, dan baunya membangkitakan selera

Maksudnya adalah tidak mungkin sekali jika ibu-ibu akan memberikan makanan pada anak ibu-ibu yang warnanya tidak sperti awalny ibu-ibu membuatnya, mungkin pada saat itu ibu-ibu berpikir mubadzir dibuang. Tapi ketahuilah bahwa warna apa yang telah berubah berate kandungan gizinya juga berubah. Dan mungkin bisa selera nafsu makan anak ibu-ibu juga akan hilang. Apalagi baunya tidak seperti pertama kali. Maka saya yakin anak ibu-ibu tidak akan menjamahnya, meliriknya pun tidak sama sekali.

Usaha Perbaikan Gizi

Makanan Bergizi Untuk Anak 2 bulan keatas

Tidak usah stress jika memang anak ibu-ibu pada saat ini kekurangan yang namanya gizi, bukan apa-apa hal stress yang ibu alami bisa jadi menular pada anak ibu, karena keterkaitan antara ibu dan anak itu sangat kuat. Lebih baik lagi ketika gizi pada anak tidak wajar, hal ini yang perlu ibu lakukan, dan segeralah melakukannya!

  1. Penyuluhan gizi

Tidak usah khawatir, bagaimana saya mengikutinya? saya harus kemana? dan sebagainya, apalagi jika ada ibu-ibu yang berada di desa bukan? Karena penuyuluhan ini biasanya diadakan di organisai seperti PKK, karang taruna, sekolah, bahkan media massa. Nah, disitu ibu-ibu akan diberi tahu cara mengolah makanan dan menghidangkan makanan, yang tidak kalah penting adalah hugungan makanan itu dengan kesehatan.

  1. Penyediaan bahan makanan

Karena umumnya kekurangan gizi itu kekurangan yang namanya protein atau zat asam aminon esensial. Hal yang perlu dipersidiakan adalah:

  1. Biji gandum yang berkadar linsi tinggi melalui penerapan prinsip genetika. Tidak usah bingung, apa itu contohnya? Contohnya adalah padi, jagung, dan kedelai.
  2. Membuat makanan tambahan

Salah satu contohnya adalah vitamin C dosis tinggi, vitamin B kompleks, vitamin A, D, E, dan K. tapi pemanfaatan makanan tambahan harus berhati-hati karena dapat menyebabkan hipervitaminosis (kelebihan vitamin) contohnya adalah mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi untuk mencegah penykit kulit, sariawan, dan menambah daya tahan tubuh itu dapat mengakibatkan diare. Sedangakn mengonsumsi vitamin A, D, E. dan K melebihi kebutuahn dapat mengakibatkan sindroma toksik.

Kebutuhan Energi dan Jumlah Makanan

Makanan Bergizi Untuk Anak anak

Jenis umur, kelamin, pekerjaan, berat badan, bahkan lingkungan sangat berpengaruh terhadap jumlah makanan pada setiap orang. Karena yang dibahas adalah anaka-anak maka saya hanya akan memaparkan tentang anak-anak.

  1. Anak-anak itu memerlukan protein lebih banyak untuk pertumbuhan dan kecerdasan. Nah, anak-anak itu sangat membutuhkan yang namanya protein. Diatas saya tadi juga sudah menjelaskan seperti apa makanan yang mengandung protein itu.
  2. Semakin bertambah berat badan anak ibu, maka semakin banyak makanan yang dibutuhkan. Jangan disamkan ya, antara anak yang umurnya missal 3 tahun dengan 5 tahun, perbedaan dalam pemberian porsi makanan juga perlu diperhatikan, karena itu juga sangat mempengaruhi.
  3. Semkain besar perbedaan suhu lingkungan dengan suhu badan, semakin banyak juga makanan yang dibutuhkan.

Tidak ada alasan lagi bagaiamana cara mendapatkan gizi pada makanan lagi bagi anak-anak. Tidak ada alasan lagi bagi ibu-ibu untuk tahu bagaimana caranya mengonsumsi makanan itu. Mengelola makanan itu, semoga apa yang saya paparkan ini bermanfaat dan dapat memperbaiki gizi anak-anak anda.

Leave a Comment