Jangan Menikah Di Usia Muda Jika 4 Cek List Ini Belum Bisa Dipenuhi Calon Pasanganmu

Menikah di usia muda – Banyak yang memandang sebelah mata tentang hal ini. Bahkan sebagian orang beranggapan menikah di usia muda sangatlah tidak masuk akal, pasalnya menurut mereka bahwa di usia muda adalah waktu untuk bersenang-senang dengan teman-teman sebayanya bukan untuk menjalin komitmen dalam jangka panjang.

Bahkan anak muda lebih memilih untuk pacaran dengan dalih agar bisa saling mengenal lebih dekat dan juga agar bisa mencari seseorang yang cocok. Padahal hal ini sangatlah tidak dibenarkan dalam islam. Karena dalam pandangan islam pacaran adalah salah satu perbuatan yang mendekati zina. Saat seseorang mulai pacaran tentu saja tidak akan pernah lepas dari yang namanya bertemu, chat, dan juga selalu memikirkan si doi, padahal hal tersebut secara tidak langsung akan memupuk dosa.

Oleh sebab itu menikah adalah alternative bagi muda-mudi yang sedang jatuh cinta agar mereka tidak terjerembab dalam lubang zina dan terus memupuk dosa. Tetapi, terkadang ada beberapa orang yang mengatakan: ‘lulus kuliah dulu, kerja baru setelah itu nikah’ dan ada juga yang mengatakan ‘nikahnya nanti dulu, nanti kalau udah nikah gak bebas’. Hal tersebut sangatlah kurang etis mengingat menikah adalah salah satu sunatullah dan sebagai penyempurnya agama.

Ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum memutuskan untuk menikah di usia muda, diantanya:

1. Meluruskan niat

Menikah Di Usia Muda

Niat adalah sesuatu yang sangat penting dalam melakukan segala sesuatu tidak hanya dalam sebuah pernikahan, tetapi dalam hal yang lainpun sangat penting. Begitu juga dalam pernikahan, meluruskan dan memantapkan niat dalam menikah karena ingin menjalankan sunatullah, menjalankan ibadah dan mencari ridha Allah. Insyaallah dengan niat yang kuat maka pernikahan yang dilakukan akan mendatangkan kebaikan dan kebahagiaan dalam membina rumah tangga.

2. Ilmu dan pengetahuan membina rumah tangga

Menikah Di Usia Muda

Sebelum memasuki dalam membina rumah tangga hendaknya setiap pasangan sudah memiliki ilmu pengetahuan dalam menapaki kehidupan rumah tangga mereka. Setidaknya mereka memiliki pedoman dasar agar masing-masing mengerti akan tugas dan kewajiban sebagai suami dan istri.

3. Kesiapan

Menikah Di Usia Muda

Kesiapan di sini yaitu dalam hal karir, nafkah dan juga melayani pasangan. Seseorang yang sudah siap untuk menikah juga harus mempunyai kesiapan untuk bertanggung jawab penuh terhadap kebutuhan pasangannya baik secara material maupun non material.

4. Kedewasaan dan kematangan

Menikah Di Usia Muda

Sebelum menikah hendaknya juga memiliki kedewasaan dan kematangan mengingat bahwa pernikahan adalah hal yang sakral. Namun demikian memang bahwa kedewasaan dan kematangan tidak bisa didapatkan secara instan tetapi harus berproses tahap demi tahap. Dan hal ini sangat penting apalagi ketika menikah muda, agar ketika terjadi pertengkaran kecil salah satu harus mengalah dan tidak egois.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menikah di usia muda, mengingat banyak sekali perceraian yang marak terjadi disekitar kita. Tetapi terlepas dari banyaknya perceraian yang terjadi, ada beberapa keutamaan menikah di usia muda:

  • Romantis

Menikah Di Usia Muda

Mengingat zaman sekarang banyak sekali orang-orang yang modus dengan mengatakan janji-janji yang selangit, tetapi buktinya sempit. Tak jarang mereka juga melempar rayuan-rayuan yang mereka anggap romantis. Padalah romantis yang sesungguhnya adalah ia yang datang mengkhitbah kemudian menikahi. Seperti sabda Rasulullah SAW: “Tidak ada romantisme yang lebih indah bagi dua orang yang saling mencintai selain menikah.” (Ibnu Majah, Ibnu Abi Syaibah, Baihaqi dan dishahihkah oleh Albani)

  • Membuka pintu rezeki

Menikah Di Usia Muda

Menikah juga dapat membuka pintu rezeki. Ketika kita menikah Allah akan membukakan pintu rezeki apalagi ketika kita membahagiakan pasangan, maka pintu rezeki akan semakin luas.

  • Menjaga kesucian dan terhindar dari zina

Menikah di usia muda

Sudah kita ketahui bersama bahwa di zaman yang semakin modern ini banyak sekali pergaulan bebas terjadi, bahkan tak menutup kemungkinan mereka terjerumus dalam perbuatan zina. Oleh karena itu dengan menikah maka akan menutup kemungkinan kita melakukan perbuatan zina dan tetap menjaga kesucian hanya untuk pasangan hidupnya.

  • Keutamaan dari Allah

Menikah di usia muda

Menikah juga mendapatkan keutamaan dari Allah karena telah menyempurnakan separuh agama. Itulah beberapa hal mengenai nikah muda, dan juga keutamaan menikah di usia muda. Jadi bagi yang akan segera menikah apalagi di usia muda hendaknya perhatikan hal-hal di atas. Dan untuk muda-mudi belum siap menikah jangan takut, karena menikah banyak keutamaannya. Tetapi hal tersebut tergantung pribadi masing-masing. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Leave a Comment