Tahukah Bunda? Jika Menu Makanan Bayi 6 – 12 Bulan Itu Ternyata Berbeda-beda

Menu makanan bayi – setelah usia si kecil menginjak 6 bulan selain memperoleh ASI anda juga bisa memberikan bubur untuk buah hati. Hal ini diperlukan karena setelah usia 6 bulan bayi tidak hanya membutuhkan ASI saja tetapi si kecil juga perlu diberikan pengenalan makanan padat. Memang ASI adalah makanan yang sangat bernutrisi sebelum menginjak usia 6 bulan. Tapi setelah si kecil 6 bulan, mereka juga perlu diberikan asupan nutrisi lain seperti: bubur sebagai menu makanan bayi agar buah hati tetap sehat.

Perlu diingat pengenalan makanan padat juga harus dilakukan secara bertahap dan waktu yang tepat pada saat bayi berusia 6 bulan, tidak bisa langsung seenaknya memberikan makanan padat. Karena pengenalan makanan padat sejak dini menimbulkan pergerakan pada usus bayi dan tidak menstabilkan pertumbuhan bayi, karena dapat meningkatkan resiko kegemukan dikemudian hari. Tetapi pengenalan makanan padat juga tidak boleh terlambat karena hal itu dapat menjadi kebiasaan untuk bayi.

Memilih menu makan untuk buah hati juga tidak bisa sembarangan, mengingat selera si kecil yang sulit untuk ditebak. Karena jika kita memilih menu makanan bayi dan tidak sesuai, maka si kecil tidak akan mau memakan makanan tersebut.

Berikut tips memilih makanan pendamping ASI:

menu makanan bayi

1. Pilih buah dan sayuran yang segar.

Pilihlah buah dan sayur yang organik agar bebas dari pestisida. Jika tidak ada buah dan sayur organik maka cucilah buah dan sayur sampai bersih agar bebas dari pestisida dan bakteri yang berbahaya. Buah dan sayur yang diberikan harus dalam keadaan segar untuk buah hati.

2. Memperkenalkan makanan semi-padat untuk bayi.

Meninjak usia 6 bulan tubuh bayi sudah bisa dikenalkan dengan makanan semi-padat. Karena pada tahap ini sistem pencernaan dan kekebalan tubuh si kecil sudah terbentuk sempurna, sehingga sudah dikatakan siap mengenal makanan lain selain ASI. Pengenalan makanan semi-padat ini bisa membantu buah hati agar terhindar dari alergi makanan.

3. Jangan beri penyedap rasa.

Pada saat pengenalan makanan semi-padat pertama untuk buah hati jangan berikan garam dan juga pemanis. Biarkan buah hati anda merasakan asli rasa makananannya.

4. Makanan hasil racikan sendiri

Meracik makanan sendiri untuk buah hati sangatlah penting, karena bisa dijamin kebersihan dan juga nutrisi yang diberikan untuk perkembangan buah hati.dan hal ini juga berdampak pada kesehatan tubuh buah hati. Selain itu bunda juga bisa membuat menu makanan bayi yang bervariasi setiap hari. Setelah kita mengetahui tips dalam memilih menu makanan untuk bayi. Sekarang kita beralih pada pedoman memberikan menu makanan bayi.

Panduan memberikan menu makanan bayi:

menu makanan bayi

1. Menu makanan bayi usia 6 bulan.

Menu yang diberikan untuk bayi usia 6 bulan, yaitu:
a. ASI sesuai keinginan bayi.
b. Makanan pendamping ASI berupa makanan lumat dan bubur halus. Bubur bisa berupa: sereal beras/bubur tepung beras, puree buah, puree sayur dan tambahan ASI. Makanan bisa diberikan 1 kali sehari kemudian bisa ditingkatkan secara bertahap di minggu selanjutnya.
c. Porsi yang diberikan tidak perlu berlebihan hanya 2-3 sendok dan gunakan sendok plastik agar lebih mudah.

2. Menu makanan bayi usia 7-8 bulan.

Menu yang diberikan untuk bayi usia 7-8 bulan, yaitu:
a. ASI sesuai keinginan bayi
b. Makanan pendamping ASI bisa berupa bubur tim saring maupun bubur tim tanpa saring. Makanan bisa diberikan 2-3 kali sehari dan juga bisa diberikan cemilan seperti: jus, pudding atau cookies.
c. Porsi yang diberikan yaitu 2-3 sendok makan.
Setelah bayi berusia 8 bulan cobalah variasi dalam memilih makanan, yaitu bisa dengan memberikan makanan yang mengandug protein.

3. Menu makanan bayi usia 9-10 bulan.

Menu yang diberikan untuk bayi usia 9-10 bulan, yaitu:

a. ASI sesuai keinginan bayi.
b. Makanan pendamping ASI berupa makanan lembut yang lebih padat (nasi tim saring) dan bisa diberikan 3-4 kali sehari serta diberi camilan 1-2 kali. Dan ajarilah mereka untuk meminum air putih serta latih bayi untuk minum dari cangkir.
c. Porsi yang diberikan minimal 100-120 ml/porsi

Setelah bayi menginjak usia 9 bulan biasanya mereka sudah mulai berlatih untuk mengambil potongan-potongan kecil sendiri. Oleh karena itu bisa juga diberikan potongan kecil buah-buahan, roti dan lain-lain.

4. Menu makanan bayi usia 12 bulan.

Menu yang diberikan untuk bayi usia 12 bulan, yaitu:
a. ASI sesuai keinginan bayi
b. Makanan pendamping ASI berupa makanan keluarga yang dihaluskan seperlunya. Makanan bisa diberikan 3-4 kali sehari dengan ditambah camilan 1-2 kali sehari.
c. Porsi yang diberikan ¾ cup.

Pada saat usia bayi 12 bulan latihlah bayi agar bisa makan sendir dan berilah cangkir agar melatih untuk meminum sendiri, teruslah menawarkan berbagai makanan karena sumber nutrisi sebagian besar dari makanan. Namun demikian, bunda juga harus terus mengawasi perkembangan si buah hati agar mereka tumbuh dengan baik dan sehat. Jadi bunda, jangan sampai salah menentuka menu makanan untuk buah hati anda, sekian  pembahasan kali ini semoga dapat bermanfaat.

Leave a Comment