Nasehat Pernikahan Sederhana Tentang Perempuan Untuk Laki-laki Yang Ingin Menikah

Nasehat Pernikahan Sederhana Tentang Perempuan Untuk Laki-laki Yang Ingin Menikah

Nasehat Pernikahan – Laki-laki merupakan makhluk yang Allah Ta’ala ciptakan untuk memimpin bahtera rumah tangga ketika ia menikah kelak. Ketika sudah menikah, laki-laki harus menerima beban tanggung jawab yang besar ketika menjadi pemimpin rumah tangga.

Tanggung jawab paling besar yang harus dijalankan seorang suami adalah menjaga keluarganya dari api neraka. Sebagaimana Firman Allah Ta’ala “Hai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu dan ahli keluargamu dari api Neraka.” (Q.S. At Tahrim : 6)

Hendaknya pula para calon suami tau bahwa perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki yang bengkok. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

إِنَّ الْمَرْأَةََ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ, لَنْ تَسْتَقِيْمَ لَكَ عَلَى طَرِيْقَةٍ, فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اِسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيْهَا عِوَجٌ, وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا

“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.”(HR. Muslim)

Mendidik seorang perempuan tidaklah mudah walaupun ia mungkin sudah memiliki ilmu agama yang cukup namun perempuan tetaplah perempuan. Guru kami mengatakan jika kalian (calon suami) ingin menikah didiklah dan nasehati istri kalian dengan sabar.

Apabila kalian mendapati istri kalian melakukan kesalahan, ingatkan mereka untuk kembali kepada jalan yang benar dan ingatkan mereka dengan cara yang baik. Bagi kamu para calon imam yang sholeh hendaknya kalian juga harus memahami kalau “Perempuan memiliki kecenderungan kepada harta”.

Jika kalian sudah mengerti hal ini, ajari istri kalian untuk selalu bersyukur atas pemberian yang Allah Ta’ala berikan. Didiklah mereka untuk bersabar disaat kondisi sedang sulit dan jangan didik keluarga kalian dengan harta, begitulah kira-kira nasehat dari guru-guru kami.

Leave a Comment