10 Nikmatnya Menikah Yang Akan Kamu Dapatkan, Nomor 8 Bikin Ehemm

Nikmatnya menikah – Setiap orang menginginkan adanya pasangan yang senantiasa mendampingi, mendukung, menjaga, serta menghabiskan seluruh waktu hidupnya berdua. Namun dua sejoli yang saling menjatuhkan hati tidak bisa sembarangan untuk berduaan sebelum terjalin ikatan pernikahan. Pernikahan menyatukan dua hati, dua kepala, serta dua ego yang sebelumnya berbeda kemudian dituntut untuk bisa menjadi satu kesatuan. Islam sendiri telah memerintahkan umatnya untuk melangsungkan pernikahan. Dalam surat An-Nur ayat 32 Allah berfirman :

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya.” (An-nuur/24 : 32)

Nikmatnya menikah hanya dapat dirasakan oleh mereka yang telah mengikat janji suci pernikahan. Dengan kata ‘sah’ maka dua muda-mudi, laki-laki dan perempuan telah halal untuk bersentuhan. Hukum haram tidak lagi berlaku disini. Sehingga terbukalah tabir dari yang sebelumnya tertutup menjadi jelas diantara keduanya.

Nikmatnya menikah yang hakiki hanya dimiliki oleh mereka yang telah menikah. Dua sejoli yang menjalin hubungan pranikah yang biasa disebut dengan pacaran tidak akan merasakan nikmatnya menikah. Lantas nikmat menikah apa saja yang akan dirasakan dua orang setelah menikah? Yuk simak!

1. Nikah membuatmu menjaga pandangan

Nikmatnya menikah

Nikmatnya menikah yang pertama adalah terjaganya pandangan. Dua orang yang telah menikah akan saling mengagumi pasangannya. Apalagi buat kamu si pengantin baru, hihihi. Ketika kamu mensyukuri kehadirannya dan menyadari bahwa kehadirannya merupakan suatu anugerah maka akan sulit untukmu melepaskan perhatian darinya. Alhasil pandanganmu, perhatianmu dan kasih sayangmu hanya akan tercurahkan untuknya. Sehingga saat di depanmu sedang berdiri bidadari pun bagimu itu tak akan ada apa-apanya. Karena dia telah sepenuhnya mengisi relung hatimu. Tapi tetap ingat sob, kasih sayang terutama tetap tertuju pada Allah, karena sang bidadarimu juga hadir berkat karunia-Nya.

2. Punya gandengan untuk pergi kemanapun

Nikmatnya menikah muda

Nikmatnya menikah yang kedua yakni kamu akan mempunyai gandengan untuk pergi kemanapun. Sebelum hubungan kalian berstatus ‘sah’ menurut hukum dan agama maka haram bagi kalian untuk pergi berduaan. Namun setelah menikah kamu bebas untuk mengajak pasanganmu pergi kemanapun yang kalian suka. Justru ini merupakan salah satu kewajiban dalam berumah tangga, yakni menyenangkan hati pasangan. Kamu bebas memperkenalkan pasanganmu kepada semua orang. Pun kamu juga bisa dengan bangga mengatakan kepada seisi dunia bahwa kamu benar-benar mencintainya. Sudah halal ya sob, yang jomblo sabar dulu! Hihihi.

3. Tidak lagi tidur sendirian

Nikmatnya setelah menikah

Nikmatnya menikah yang ketiga yaitu kamu tidak perlu lagi takut untuk tidur sendirian. Akan ada dia yang akan menemani setiap malammu. Dia akan selalu menemani hingga lelapmu, dan membangukanmu di sepertiga malammu. Pun saat kamu terbangun kamu akan menemukan wajahnya yang natural disampingmu, kamu bisa membangunkannya dengan romantis seperti misalnya mengecup keningnya (hiks, yang jomblo jangan ngiri). Kamu tak perlu lagi gelisah saat menonton film horror sendirian, atau takut ada hantu yang mengintaimu karena saat ini telah ada seseorang yang bisa dengan sigap untuk kamu dekap.

4. Punya sahabat sehidup semati

Nikmatnya menikah dengan pasangan

Nikmatnya menikah berikutnya adalah kamu akan punya sahabat setia dalam hidupmu. Dia yang akan selalu mendukungmu, menjagamu, dan membimbingmu menuju proses pendewasaan bersamanya. Dia yang akan menjadi satu-satunya orang yang membenarkanmu disaat semua orang di dunia menyalahkanmu. Dia yang akan membangkitkanmu selagi terjatuh dan kembali mengepakkan sayapmu tinggi-tinggi. Dia yang akan menemanimu seumur hidupmu (hiks, baper).

5. Menjadi lebih bertanggung jawab

Nikmatnya menikah suami istri

Nikmatnya menikah selanjutnya adalah kamu akan merasakan tanggung jawab dipundakmu semakin berat. Kok nikmat? Iya, karena beban yang kamu dapatkan tak sebanding dengan nikmat yang kamu peroleh. Justru saat tanggung jawabmu semakin berat kamu akan lebih cepat menuju pendewasaan.

Istri dan anak akan menjadi tanggung jawab paling berat untuk suami. Karena masa depan keduanya ada di pundak sang laki-laki. Sementara sang anak akan menjadi tanggung jawab ibu, karena dari tangan ibulah generasi-generasi hebat itu tercipta. Masing-masing memiliki tanggung jawab yang tidak boleh diremehkan. Karena itu, sangatlah penting untuk dapat mendukung satu sama lain.

6. Ada yang merawatmu saat sakit

Nikmatnya menikah di Indonesia

Saat sakit, kamu memerlukan perhatian dan kasih sayang lebih dari orang-orang terkasihmu. Banyak orang yang melampiaskannya pada orang-orang yang salah. Sehingga akhirnya akan timbul masalah. Namun ketika kamu sudah menikah, kamu akan mendapatkan kasih sayang dan perhatian khusus dari pasanganmu. Kamu bisa bermanja dan merajuk padanya. Hal ini dapat semakin mempererat hubungan diantara kalian berdua.

7. Pundaknya adalah tempat sandaran berkeluh kesah

Nikmatnya menikah di KUA

Ketika kamu masih lajang,  kamu akan menceritakan segala masalah dan menumpahkan keluh kesahmu kepada teman karibmu. Mereka akan memelukmu dan menenangkanmu. Namun ketika kamu sudah menikah, akan ada peluk dan bahu yang siap menemani kesedihanmu. Akan ada tangan yang mengusap air matamu. Dan akan ada pelukan yang menyambut dukamu. Kemudian akan ada bibir yang berucap manis, menenangkanmu, dan berkata semuanya akan baik-baik saja. (jomblo yang sabar ya).

8. Halal bersentuhan dan bermesraan

Nikmatnya menikah dalam islam

Nikmatnya menikah berikutnya adalah kamu bebas mengekspresikan rasa sayangmu dimanapun yang kamu mau. Kamu boleh menyentuhnya, karena dia sekarang adalah milikmu. Tugasmu sekarang adalah manjaganya dan mencintainnya sepenuh hati. Buat dia bahagia dan peluk segala impian bersama-sama.

9. Mendapatkan keturunan

Nikmatnya menikah

Anak merupakan anugrah Tuhan yang sangat dinanti-nantikan oleh sepasang kekasih yang bernaung dalam pernikahan. Setelah menikah kamu bisa mendapatkan keturunan dari pasanganmu yang akan mewarisi semua yang kamu miliki. Mulai dari sifat, kebiasaan, dan juga materi. Memilih pasangan juga menjadi hal yang sangat penting agar menurunkan generasi yang berkualitas. Karena seorang anak tidak mungkin meninggalkan satu saja perihal dari orang tuanya. Pepatah mengatakan buah tak akan jatuh jauh dari pohonnya.

10. Bersamanya surga terasa semakin dekat

Nikmatnya menikah muda

Seharusnya ketika seseorang telah dibersamai pasangan, maka ibadahnya akan semakin rajin. Bersamanya akan semakin semangat untuk menjalankan ketakwaan. Sahur yang dulunya sendirian kini telah ada teman. Sholat malam yang sebelumnya malas-malasan saat ini harus lebih giat ditingkatkan.

Segala hal yang dilakukan bersama pasangan ketika sudah menikah selama itu baik maka akan selangkah mendekatkan kita pada surgaNya. Ketika telah menikah sangat mudah mencari pahala, karena senyuman dari pasangan sudah dinilai sebagai suatu ibadah. Maka tentulah kebahagiaan kita adalah kebahagiaan pasangan kita. Saling mendukunglah dalam perkara ibadah, karena bersamanya surga akan terasa jauh lebih indah.

Nah, setelah mengetahui 10 keuntungan yang hanya akan kamu dapatkan setelah menikah, apalagi yang membuatmu untuk menunda nikah? Bila harta yang membuatmu ragu untuk melangkah, maka coba baca ulang surat An-Nur ayat 32. Pada ayat diatas telah dijelaskan bahwa bila harta yang menundamu untuk menikah maka Allah akan mencukupkanmu dengn nikmat-Nya. Maha benar Allah atas segala firman-Nya. 

Leave a Comment