Produk atau Jasa Yang Anda Jual Tidak Laris Dipasaran

Produk atau Jasa Yang Anda Jual Tidak Laris Dipasaran? Coba Evaluasi Dibagian Ini

Produk atau Jasa Tidak Laris Dipasaran – Jika saat ini anda sudah membeli buku tentang bisnis bermacam-macam dan juga membeli tools yang harganya mungkin jutaan. Maka itu belum cukup untuk mengembangkan bisnis anda.

Kenapa? karena sejatinya jika anda belum mengetahui peta bisnis yang akan dijalankan, maka sampai kapan pun bisnis anda tidak akan bertumbuh.

Ibaratnya Tuh Gini

Akibat Anak Sekolah Terlalu Dini
jejeblog.net

Sekarang coba anda bayangkan, saya mengajak anda untuk pergi ke tengah hutan kemudian ketika sudah berada di tengah hutan saya memberikan tantangan kepada anda, apakah anda bisa keluar dari hutan tanpa dibekali kompas, makanan dan minuman. Akan tetapi anda hanya dibekali dengan sebuah pisau saja.

Maka saya yakin anda tidak mungkin akan bisa keluar, bahkan bertahan hidup pun saya juga tidak yakin. Kenapa? Karena anda tidak mempunyai peta dan anda tidak memiliki ilmu bertahan hidup di hutan.

Namun berbeda halnya jika saya memberikan tantang tersebut kepada seorang anggota TNI. Saya yakin mereka bisa melewati segala resiko dan rintangan selama di hutan dan pada akhirnya mereka bisa bertahan hidup selama di hutan dan keluar dari hutan tersebut.

Kenapa? Karena mereka sudah dibekali ilmu bagaimana cara mengetahui arah timur, barat, selatan dan utara, selain itu mereka juga sudah dibekali ilmu bagaimana cara bertahan hidup di hutan.

 

Konsument Segment / Target Market / Pasar

Produk atau Jasa Yang Anda Jual Tidak Laris Dipasaran
wordstream.com

Hal pertama yang paling penting dalam sebuah bisnis adalah memikirkan siapa target market yang pas untuk produk atau jasa yang sedang anda jual.

Karena, buat apa produk atau jasa dibuat jika tidak ada yang mau membelinya. Sekarang coba bayangkan saja, anda sudah buat produk atau jasa sedemikian bagusnya akan tetapi tidak ada yang membelinya. Sakitnya Tuh Disini.!! Maka dari itu sebelum memikirkan hal-hal yang lain untuk bisa melariskan produk, coba benahi dulu siapa Target Market / Pasar anda?

Riset Target Market

Produk atau Jasa Yang Anda Jual Tidak Laris Dipasaran.jpg
takeitpersonelly.com

Jika saya bertanya siapa target market anda? Maka rata-rata para pemula akan menjawab semua orang adalah target market. Ibu-ibu termasuk target market, bapak-bapak juga bisa, mahasiswa bisa, sampai pembantu rumah tangga pun bisa, heee.. Tapi bukan itu maksud saya.

Yaa sih memang semua orang bisa dijadikan target market atau pasar. Namun yang saya maksud siapa sih orang yang benar-benar mampu atau sanggup membeli produk atau jasa anda ketika anda melakukan sekali promosi ke mereka. Tentu tidak semua orang akan beli kan? Yang beli produk atau jasa anda pastilah market potensial, Nah ini yang saya maksud.

Kriteria Target Market

Produk atau Jasa Yang Anda Jual Tidak Laris Dipasaran
ernestbarbaric.com

Jika saat ini anda masih bingung siapa market anda maka saya akan bantu anda untuk mengidentifikasi siapa market anda. Tentunya saya tidak bisa menjawab siapa market anda karena yang menjalankan bisnis anda adalah anda sendiri jadi yang tau siapa market anda adalah anda sendiri.

Study Case 1 : Produk Buku Bisnis

WORKSHOP BISNIS ONLINE

Sekarang saya meminta anda untuk melihat disekililing anda? Berapa orang yang sedang menjual buku bisnis? Berapa orang yang sedang berusaha menjual workshop bisnis? Seminar Bisnis Online? Atau apapun itu yang berhubungan dengan bisnis online.

Dari sini tentu anda sudah bisa menentukan sendiri jawabannya. Sangat buanyakk sekali bukan? Jika sekarang anda menjual workshop atau seminar ataupun buku tentang bisnis online kira-kira siapa yang akan menjadi target market anda?

Jika anda menjawab pelaku ukm? jawaban anda benar

Jika anda menjawab pelaku bisnis online? Jawaban anda juga benar.

Jika anda menjawab anak-anak smk? Juga benar. Siapa bilang anak-anak smk sekarang tidak menjalankan bisnis online?

Jika anda menjawab mahaiswa? Bisa juga. Hee

 

Apabila anda mengira bahwa semua orang adalah target market, tentu ketika anda melakukan promosi semua orang akan akan langsung beli. Namun nyatanya semua orang belum tentu beli, itu tandanya tidak semua orang adalah target market.

Jadi kira-kira siapa yang akan mengikuti atau membeli workshop bisnis online yang anda promosikan? Tentu mereka-mereka yang sudah menjalankan bisnis akan lebih tertarik ketimbang orang-orang yang baru menjalankan bisnis online.

Pentingnya Memilih Niche Market

WORKSHOP BISNIS ONLINE
automizy.com

Sesuatu yang besar dimulai dari kecil begitu juga Pasar Yang Luas dimulai dari Pasar yang kecil ( Niche Market). Apakah anda sudah tau apa itu niche market? Nichet market adalah pasar yang sudah memiliki kecenderungan terhadap sesuatu hal. Contohnya :

Orang yang memiliki jumlah penghasilan <5 juta per bulan (Niche market berdasarkan penghasilan per bulan)

Orang yang selalu update info/ berita islami (Niche market berdasarkan minat)

Orang yang selalu mencari info-info resep masakan dan kue (Niche market berdasarkan minat/kesukaan)

Kenapa Membidik Niche Market?

Produk atau Jasa Yang Anda Jual Tidak Laris Dipasaran
Terbagi.com

Sepengalaman saya dalam menjual produk ataupun jasa, mempromosikan produk atau jasa kepada niche market lebih mudah dan terarah. Strategi dan cara promosi yang akan dilakukan kedepannya juga jelas dan bisa diukur karena kita sudah tau siapa market kita dan bagaimana ciri-ciri mereka.

Tentukan Niche Marketmu Sekarang?

Produk atau Jasa Tidak Laris Dipasaran
theprofessionalvagabond.com

Untuk menentukan niche market ada beberapa opsi yang bisa anda lakukan :

Umur :

Jenis Kelamin :

Tempat Tinggal :

Gaji :

Minat/kesukaan:

Dimana mereka biasanya kumpul :

Jam berapa mereka biasanya aktif di sosial media :

2 thoughts on “Produk atau Jasa Yang Anda Jual Tidak Laris Dipasaran? Coba Evaluasi Dibagian Ini

Leave a Comment