rezeki dan uang

Cara Memahami Antara Rezeki dan Uang Agar Hidup Tenang

Rezeki dan Uang – Banyak sekali orang diluar sana yang bekerja siang dan malam untuk bekerja demi kebutuhan keluarganya. Saking giatnya bekerja ia tak sempat mengaji Al Quran, lupa menjalankan ibadah solat dan dhuhanya terlewat.

Hingga pada akhirnya semakin mereka bekerja keras untuk mencari uang justru semakin membuat hatinya merasa galau, pikirannya selalu cemas dan merasa kalo hidup ini membosankan. Semua itu terjadi karena ia terlalu mengikuti hawa nafsunya untuk mencari uang sebanyak-banyaknya dan lupa beribadah kepada Alloh Ta’ala.

Rezeki dan Uang

rezeki dan uang
ummi-online.com

Sekilas banyak orang yang mengira bahwa uang itu adalah rizqi. Padahal uang bukanlah rizqi melainkan uang bagian dari rizqi, bisa dipahami kan yahh? Sedangkan makna rezeki itu sendiri adalah

هُوَ كُلُّ مَا تَنْتَفِعُ بِهِ مِمَّا اَبَاحَهُ اللهُ لَكَ سَوَاءٌ كَانَ مَلْبُوْسٌ اَوْ مَطْعُوْمٌ … حَتَّى الزَّوْجَة رِزْق، الاَوْلاَدُ وَ البَنَاتُ رِزْقٌ وَ الصِّحَةُ وَ السَّمْعُ وَ العَقْلُ …الخ

“Segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untukmu, entah berupa pakaian, makanan, sampai pada istri. Itu semua termasuk rezeki. Begitu pula anak laki-laki atau anak peremupuan termasuk rezeki. Termasuk pula dalam hal ini adalah kesehatan, pendengaran dan penglihatan.”

Jadi makna rezeki itu sendiri luas dan apabila kita mengartikan rezeki adalah uang maka pikiran kita terlalu sempit. Selain itu juga jika kita salah mengartikan makna rezeki bisa-bisa kita menganggap bahwa Alloh tuh ga sayang sama kita, Alloh ingin kita hidup susah. Naudzubillah, semoga kita bukan termasuk kedalam golongan orang-orang semacam itu.

Guru kami mengatakan kepada kami jika kamu bekerja hanya untuk mencari uang maka kamu tak perlu solat, tak perlu sedekah, tak perlu puasa, zakat dan lain sebagainya. Sebagaimana orang-orang non islam dalam mencari dunia (uang).

Dikarenakan kita umat islam maka dalam bekerja mencari nafkah niatkan untuk mencari rezeki. Selain itu juga kamu harus paham kalau rezeki itu bukan soal banting ngebanting tulang namun soal ketaqwaan kita kepada Alloh Ta’ala. Sebagaimana video berikut ini

 

Leave a Comment