Ingin Pernikahanmu SaMaWa? Ikuti Dulu Tips Berikut ini

Setiap orang pasti ingin menikah, terutama bagi yang sudah dewasa dan belum memiliki pasangan hidup. Pernikahan bukanlah main-main, bukan seperti pacaran yang bisa putus nyambung kapan saja. Segala sesuatunya telah diatur, baik dalam agama maupun dalam undang-undang. Oleh karena itu segala sesuatu dalam pernikahan harus disiapkan dan direncanakan dengan matang terlebih dahulu, agar pernikahan tidak berujung pada perceraian.

Apa lagi tujuan pernikahan kalau bukan untuk membentuk rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah? Ya. Itulah tujuan utama dari suatu pernikahan. Tapi tentunya membentuk keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah tidak semudah yang kita pikirkan. Ada banyak cobaan yang harus kita lalui. Berikut merupakan tips membentuk keluarga sakinah mawaddah wa rahmah

• Persiapan yang matang sebelum pernikahan

Sebelum acara pernikahan, segala sesuatunya harus dipersiapkan terlebih dahulu, termasuk penentuan tanggal pelaksanaannya. Menurut kepercayaan orang terdahulu ada tanggal-tanggal atau bulan-bulan dimana tidak boleh melangsungkan pernikahan di waktu itu. Sebagian orang tidak percaya akan hal itu, karena memang baik-buruknya sesuatu itu sudah ketentuan dari Yang Mahakuasa. Tapi mencoba menghindari hal buruk apa salahnya? Bukan bermaksud percaya terhadap mitos atau syirik, tapi hal ini sebagai wujud ikhtiar kita, mencoba berusaha untuk mendapatkan yang terbaik.

• Mendapat restu orang tua

Seperti yang telah kita ketahui, ridallahu fi ridhal waalidaini, wa sukhtullahi fi sukhtil waalidaini, yang artinya ridha Allah terletak pada ridha kedua orang tua, dan murka Allah terletak pada murka kedua orang tua. Oleh karena itu penting sekali mendapat restu orang tua ketika akan menikah, karena ketika kedua orang tua tidak meridhainya maka Allah juga tidak akan meridhainya.

Jika kamu merasa sudah cocok dengan calonmu, dan ternyata orang tuamu tidak merestuinya, beri mereka pengertian, beri mereka alasan mengapa kamu ingin mempertahankan calonmu dan juga tanyakan alasan mengapa orang tuamu tidak merestuinya. Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, jadi apa salahnya mengikuti nasihat orang tua selama itu masuk akal dan tidak melanggar syari’at agama?

• Siap lahir dan batin

Seseorang yang ingin menikah harus siap lahir dan batin. Harus siap terhadap setiap konsekuensi dari keputusan yang ditetapkannya.

• Bertanggungjawab

Setiap elemen dalam rumah tangga memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Setiap anggota keluarga harus memiliki kesadaran masing-masing akan tanggung jawabnya, jangan hanya menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban. Dengan saling menjaga tanggungjawab masing-masing, keluarga bisa harmonis dan saling menghormati satu sama lain.

• Menjaga kehormatan

Menjaga kehormatan merupakan salah satu kewajiban baik suami maupun istri. Menjaga kehormatan baik di depan maupun di belakang pasangan merupakan salah satu tips untuk menjaga keutuhan rumah tangga.

• Saling memahami

Ini merupakan salah satu tips yang lumayan ampuh dalam membentuk keluarga sakinah mawaddah wa rahmah dan tentunya juga untuk mempertahankan pernikahan hingga tua. Baik suami maupun istri harus memahami keadaan pasangannya, jangan hanya memikirkan keadaan diri sendiri tanpa memahami pasangan.

• Sabar

Dalam menjalani bahtera pernikahan tentu tidak selamanya berjalan mulus, pasti ada cobaan yang menghadang. Cobaan itu akan membuktikan sejauh mana kemampuanmu dalam mempertahankan rumah tanggamu. Kamu harus bersabar dakam menghadapinya, yakinlah bahwa Allah sedang menyiapkan rencana terbaik untukmu.

• Setia

Setia juga merupakan salah satu poin penting dalam membentuk keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Ketika salah satu pihak mulai berpaling pada lain hati, maka akan menimbulkan kekecewaan di hati pasangannya. Ketika hati sudah kecewa, maka akan sulit untuk menegmbalikannya seperti semula. Semuanya terasa tak lagi sama. Jadi, jangan pernah berpikr untuk tidak setia (baca; selingkuh).

Uraian tersebut merupakan beberapa tips dalam membentuk keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Semoga keluarga yang akan teman-teman jalani akan menjadi keluarga keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Aamiin. Semoga bermanfaat…

Leave a Comment