7 Tips Menikah Muda Agar Menjadi Lebih Seru dan Menyenangkan

Tips Menikah Muda – Setiap pasangan memang menikah di usia yang berbeda-beda. Ada yang menikah di usia 20-an, 30-an, 40-an bahkan ada pula yang menikah di usia 50-an. Beberapa masyarakat menganggap menikah muda dan menikah dini itu sama, padahal berbeda. Menikah muda adalah menikah pada usia sesuai dengan batas minimal umur yang ditentukan Undang-undang pernikahan. Sedangkan menikah di usia dini itu menikah di bawah batas minimal usia yang ditentukan.

Menikah adalah hal yang serius dan sangat sakral. Ketika di usia muda sudah ada calon pasangan yang membuat kita yakin, maka menikah muda adalah pilihan yang tepat. Beberapa orang kemudian mulai sibuk mencari tips menikah muda melalui beberapa seminar pra nikah, internet bahkan bertanya pada yang lebih berpengalaman.

Setelah memiliki informasi dan mantap untuk menikah, maka yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menjadikan pernikahan tersebut membahagiakan dan menentramkan bagi suami maupun istri. Berikut adalah 7 tips agar menikah muda menjadi lebih seru:

Persiapkan Diri

tips menikah muda wanita sholeha

Menikah tidak hanya tentang mendapatkan pasangan, banyak hal lain yang perlu disiapkan. Di antaranya adalah matangnya kesiapan diri. Menjadi pribadi yang matang sangat diperlukan. Bukan hanya dari segi keuangan saja, menikah perlu juga kesiapan mental juga ilmu. Perlu bersungguh-sungguh menambah ilmu pengetahuan tentang rumah tangga, tentang anak dan menyimak tips menikah muda dari yang sudah berpengalaman.

Dalam mempersiapkan diri, penting pula menyiapkan agar lebih siap memikul tanggung jawab.

Berkomitmen Menjaga Tanggung Jawab

tips menikah muda dengan pasangan sholeh

Saat memutuskan untuk menikah muda, perlu di ingat bahwa rumah tangga bukan hanya sekedar bersama. Setelah menikah, maka ada tanggung jawab terhadap rumah tangga juga melaksakan tugas. Suami bertanggung jawab menjadi kepala rumah tangga, sedangkan istri pun memiliki tanggung jawab menjadi ibu rumah tangga.

Jika tidak memiliki komitmen dari awal maka rumah tangga akan dijalani dengan seenaknya tanpa adanya rasa tanggung jawab. Lalu selanjutnya untuk saling mengingatkan tanggung jawab dan menjaga hubungan pernikahan diperlukan komunikasi yang baik.

Pentingnya Menjaga Komunikasi

cara tips menikah muda

Masalah komunikasi sering menjadi penyebab kesalahpahaman rumah tangga, sama halnya pada pasangan yang menikah muda. Komunikasi yang kurang baik dengan pasangan dapat menyebabkan seringnya terjadi pertengkaran. Saling terbuka dan menjaga komunikasi akan mengurangi adanya kesalahpahaman dalam kehidupan berumahtangga. Menjaga komunikasi merupakan salah satu tips menikah muda yang perlu diperhatikan. Dengan saling berkomunikasi maka pasangan akan lebih mengerti dan tidak lagi menerka-nerka dalam keseharian. Komunikasi yang baik dapat mengurangi terjadinya masalah dalam pernikahan.

Persiapkan Mental Dalam Menghadapi Masalah Pernikahan

tips menikah muda murah

Ketika masih sendiri, Anda merindukan dapat bersama-sama dengan orang yang Anda cintai. Betapa bahagianya dapat bersamanya sepanjang hari, mungkin itu yang ada dalam benak para lajang. Namun pernikahan itu bagaikan sebuah perjalanan. Tidak hanya lurus dan mulus, ada kalanya bertemu dengan tikungan dan jalan terjal penuh rintangan. Pentingnya pengetahuan untuk mempersiapkan diri jika masalah datang secara tiba-tiba. Masalah yang timbul biasanya penyesuaian dengan pasangan, penyesuaian dengan keluarga pasangan ataupun masalah keuangan. Masalah yang paling sering di alami pasangan yang menikah dini biasanya masalah keuangan. Hal tersebut biasanya timbul jika tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Dalam mengatasi masalah yang ada memang penting berdiskusi, komunikasi yang baik serta berbagi ruang satu sama lain.

Berbagi Ruang Satu Sama Lain

tips menikah muda

Tips menikah muda selanjutnya adalah berbagi ruang satu sama lain. Setiap orang tentunya membutuhkan ruang untuk mereka sendiri apalagi pasangan yang menikah muda. Pernikahan akan terasa menjenuhkan apabila tidak tau cara memberi ruang pada pasangan. Jangan sampai pasangan Anda merasa terkekang setelah menikah. Dibutuhkan pengertian kepada pasangan, sehingga memahami apa yang dibutuhkan pasangan. Selanjutnya selain membagi ruang menyendiri untuk pasangan, sangat penting pula untuk membagi waktu untuk pasangan dan anak.

Membagi Waktu Untuk Pasangan dan Anak

tips menikah muda kaya

Membagi waktu Anda untuk pasangan dan anak adalah konsekuensi yang harus dijalani setelah menikah. Maka perlu belajar mengatur waktu agar terbiasa membagi waktu untuk diri sendiri, teman, pasangan, anak dan keluarga. Rumit bukan? Tapi akan terasa ringan jika sudah terbiasa.

Itulah beberapa tips menikah muda yang bisa diterapkan dalam pernikahan agar lebih seru dan menyenangkan. Kesimpulannya untuk menikah muda perlu pertimbangan dan persiapan yang matang. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk Anda. Pengalaman serta tips lainnya bisa Anda sampaikan di kolom komentar.

Leave a Comment