Ucapan Pernikahan Islami.jpg

Ucapan Pernikahan Islami Yang Sering Di Pakai Rasullullah

Ucapan Pernikahan islami – Pernikahan merupakan moment yang paling berharga sepanjang sejarah dalam hidup. Banyak sekali hal yang bisa diabadikan ketika sedang melangsungkan acara pernikahan. Agama Islam pun menganjurkan untuk segera menikah, seperti yang tertulis dalam Alquran berikut ini.

“Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, diciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu mendapat ketenangan hati dan dijadikan-Nya kasih sayang di antara kamu. Sesungguhnya yang demikian menjadi tanda-tanda kebesaran-Nya bagi orang-orang yang berpikir,” (Q.S. Ar-Ruum: 21).

Ucapan Pernikahan Islami

Ucapan Pernikahan Islami
mirajnews.com

Seringkali ketika teman atau kerabat dekat kamu hendak melangsungkan pernikahan tentu kamu akan mendoakan yang baik-baik kepada kedua mempelai. Selain itu kamu juga mengirimkan perkataan pernikahan islami yang dimana isinya bisa mengandung doa ataupun ucapan selamat.

Ucapan selamat menikah islami berikut diambil dari sebuah hadis dan beberapa kalimat langsung dari ucapan para sahabat terdahulu, bahkan bagusnya lagi, Rasulullah juga memberikan kontribusi agar kita dapat menerapkan.

“Ucapkanlah, ‘Barakallahu lakum wa baraka alaikum’ (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan). Demikianlah ucapan yang diperintahkan Rasulullah saw,”(Hadis sahih riwayat Ibnu Abi Syaibah, Darimi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).

Ucapan Pernikahan Islami.jpg
poskostudio86.wordpress.com

Selain itu juga Rasulullah mengirimkan doa pada saat pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah dimana doa tersebut berisi sebagai berikut

“Semoga Allah Swt. menghimpun yang terserak dari keduanya, memberkati mereka berdua, kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka. Menjadikan sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu, sumber hikmah, serta pemberi rasa aman bagi umat.”

Sedangkan ada sebuah doa pernikahan islami yang biasa Nabi Muhammad Sallallahi ‘Alaihi Wassalam ucapkan kepada seseorang yang sedang melangsungkan pernikahan. Doa tersebut adalah

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir. Doa ini berdasarkan dari hadis sahih yang telah diriwayatkan Abu Hurairah.

Ucapan Pernikahan Islami
Neverblast.com

Apabila ucapan pernikahan islami diatas dirasa masing panjang ada sebuah ucapan yang diberikan oleh Rasulullah pada saat memberikan doa kebaikan kepada Abdurrahman bin Auf. Pada saat itu, Rasulullah Sallallahi ‘Alaihi Wassalam. berdoa,

“Baarakallahu laka (semoga Allah memberikan keberkahan).”

Doa tersebut sangat sederhana dan seringkali banyak orang yang mempraktekan doa ini kepada kerabat atau teman disaat sedang melangsung pernikahannya.

Ucapan selamat menikah islami adalah sebuah doa yang dilantunkan untuk orang lain. Maka dari itu, dalam praktiknya, hendaklah kita menimbang semua perkataan dan ucapan yang akan kita berikan kepada orang lain. Pastikan ucapan tersebut selalu untuk kebaikan. Niatkan sepenuh hati dan rangkai kata sebagus mungkin agar siapa pun yang menerima dengan tulus dan penuh senyum, lalu mengatakan, “Amin.”

Leave a Comment